Momentum Kebangkitan UMKM, Pemkot Ajak Meriahkan Pekalongan Culinary and Creative Fest 2022

 

BATANGPOS.COM, PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan mengajak warga untuk datang dalam Pekalongan Culinary and Creative Fest, yang digelar Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM), berkolaborasi dengan Balai Rasa Festival, di Lapangan Mataram Kota Pekalongan.

Kegiatan yang digelar mulai Rabu (13/7/2022) sampai Minggu (17/7/2022) ini, dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tahun 2022.

Ajakan itu disampaikan Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Budiyanto, setelah apel Peringatan Harkopnas ke-75 Tahun 2022, di halaman Kantor Dindagkop-UKM, Selasa (12/7/2022).

“Memang di skala nasional, Peringatan Hari Koperasi diselenggarakan pameran dan sebagainya di Bali. Namun untuk di tingkat Kota Pekalongan, kami mengadakan Pekalongan Culinary and Creative Fest 2022, yang dibuka mulai besok Rabu pagi, 13 Juli sampai Hari Minggu, 17 Juli 2022 mendatang,” kata dia, seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Adanya Festival tersebut, menurut dia sebagai momentum bangkitnya UMKM dan Foodpreneur Kota Pekalongan pasca pandemi Covid-19.

Kendati demikian, menurutnya, dalam pelaksanaannya nanti tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Disampaikan Budiyanto, Pekalongan Culinary and Creative Fest 2022 bakal dibuka oleh Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid.

Pihaknya mendorong para UMKM Kota Pekalongan nantinya ke depan bisa membentuk sebuah koperasi, minimal badan usaha untuk menunjang modal mereka.

Adapun sejumlah agenda dalam pelaksanaan Pekalongan Culinary and Creative Fest 2022 selama lima hari ke depan di antaranya Ngopi Bersama Wali Kota dengan menyuguhkan 500 cup kopi khas Pekalongan, kopi tahlil secara gratis (Free), Bazar UMKM Kreatif, Live Music, Senam Zumba, Talk Show, Game Competition, berbagai kegiatan lomba seperti lomba masak, lomba mewarnai, Tiktok Competition, Lomba Foto, Pentas Seni dan Budaya, Chef Junior (Gemar Makan Ikan) Pelajar SD.

“Dalam festival itu ada berbagai lomba, hiburan, akustikan dan band, yang paling menarik ada Ngopi Tahlil Bareng Wali Kota, dan sejumlah kegiatan menarik lainnya. Untuk harga tiket masuk tidak ada alias gratis, bahkan nanti ada give away maupun voucher dari stand-stand yang berpartisipasi. Untuk stand kuliner maupun craft yang turut memeriahkan acara ini ada sekitar 70 stand dan 6 foodtruck,” kata Budiyanto. (HS-08)