Monitor Vaksinasi, Wakapolres Kendal: Vaksinasi Bisa Meminimalisir Siswa Terpapar Covid-19 di Sekolah

Salah satu pelaksanaan kegiatan vaksinasi anak yang digelar di MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu. (Foto : Humas Polres Kendal)
Salah satu pelaksanaan kegiatan vaksinasi anak yang digelar di MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu. (Foto : Humas Polres Kendal)

KENDAL, BATANGPOS.COM – Vaksinasi anak merupakan bagian dari kegiatan vaksin merdeka yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang dipantau melalui video conference oleh Kapolri.

Wakapolres Kendal Kompol, Donny Eko Listianto mengatakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan pembentukan herd immunity lingkungan sekolah dapat meminimalisir dan mengantisipasi siswa terpapar.

“Vaksinasi anak sudah menjadi keharusan agar meningkatkan kekebalan dari Covid-19 atau untuk herd immunity bagi anak-anak. Selain itu juga memperkecil peluang transmisi penularan penyakit Covid-19 di lingkungan sekolah,” ujar Donny disela memonitor kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu, Rabu (12/1/2022).

Terpisah, pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 sejumlah SD juga digelar di wilayah Kecamatan Pegandon bekerjasama dengan petugas vaksinator dari Puskesmas Pegandon. “Aksi ini sebagai gerakan respon percepatan vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Kapolsek Pegandon AKP Zaenal Arifin.

Zaenal menambahkan, monitoring kegiatan vaksinasi ini sekaligus pengamanan yang dilakukan Polsek Pegandon bersama dengan Koramil Pegandon guna mencegah timbulnya gangguan kamtibmas.

“Hal itu bertujuan memberikan kenyamanan terhadap tenaga medis maupun peserta suntik vaksin Covid-19,” tutur Kapolsek Pegandon ini.

“Selain memberikan rasa aman dan nyaman, kehadiran Polri juga dalam rangka memberikan motivasi dan semangat kepada calon penerima vaksin agar tidak perlu takut saat disuntik vaksin,” imbuhnya.