Mulai Lebaran Ketiga, Beberapa Objek Wisata di Kendal Makin Ramai Pengunjung

BATANGPOS.COM, KENDAL – Sejumlah objek wisata yang di Kabupaten Kendal, pada hari ketiga Lebaran 1443 H mulai ramai didatangi pengunjung, Rabu (4/5/2022). Di antaranya tempat wisata Tirto Arum Baru di pinggir jalur Pantura Kendal, Kecamatan Patebon dan Pantai Cahaya yang berada di Kecamatan Rowosari.

Setiap harinya, ada ribuan karcis yang berhasil dijual oleh pengelola. Pengunjung yang datang kebanyakan rombongan keluarga, seperti orang tua bersama anak dan kerabatnya.

Kabag Operasional Tirto Arum Baru Kendal, Abdul Aziz mengatakan, wisata sudah buka sejak hari pertama Lebaran, mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Namun mulai hari kedua Lebaran, buka pukul 07.00 hingga 21.00 WIB untuk kolam renang dan rumah makan.

“Sedangkan untuk taman hanya sampai pukul 17.00 WIB. Sementara untuk pelayanan hotel tetap buka selama 24 jam,” terang Abdul Azis.

Dijelaskan, untuk harga tiket masuk taman, masih tetap atau tidak ada kenaikan. “Hanya saja untuk tiket masuk kolam renang selama masa Lebaran, naik dari semula Rp 18 ribu menjadi Rp 25 ribu/orang, yang diberlakukan sampai tanggal 8 Mei 2022 nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Tirto Arum Baru, Sri Sarwo Utomo mengatakan, pada Lebaran kali ini, pihaknya menambah fasilitas di area taman bagian belakang.

“Taman bisa dijadikan tempat untuk nongkrong-nongkrong dan foto selfie dengan pemandangan taman dan area persawahan,” ujarnya, Kamis (5/5/2022).

Dijelaskan, Tirto Arum Baru Kendal memiliki fasilitas yang cukup lengkap, sehingga cocok untuk rekreasi keluarga. Mulai dari taman bunga dan pepohonan, arena bermain anak-anak, mini zoo dan outbond. Selain itu, pengunjung juga bisa naik kuda keliling taman dan naik perahu di danau kecil yang ada.

“Ada tambahan itu di area belakang di taman, di situ ada tempat untuk nongkrong-nongkrong dan untuk selfie,” katanya.

Salah satu pengunjung, Purwanto dari Kecamatan Gemuh, Kendal memilih rekreasi bersama keluarga di Tirto Arum Baru Kendal. Selain tidak terlalu jauh dari rumah, juga tempatnya nyaman dan sejuk.

“Saya datang ke sini bersama kerabat. Di sini enaknya dekat, nyamanlah, daripada yang jauh kan panas,” ujarnya.

Di objek wisata lain, yakni Pantai Cahaya di Rowosari Kendal juga menambah fasilitas untuk daya tarik pengunjung pada Lebaran ini.

Humas Pantai Cahaya, Vian menjelaskan, sesuai dengan instruksi Bupati Kendal nomor 12 tahun 2022, bahwa libur Lebaran objek wisata boleh buka seratus persen.

“Kami menyediakan beberapa fasilitas tambahan. Di antaranya warung makan rames pantura yang ada di dalam lokasi objek wisata, juga menyediakan tempat selfie dengan latar belakang kapal dan pantai,” jelasnya.

Disebutkan, pada libur Lebaran tahun ini, Pantai Cahaya tidak menaikkan tiket masuk, yakni cukup membayar Rp 40 ribu, pengunjung bisa menikmati semua wahana yang ada di dalam.

Seperti wahana permainan anak-anak dan hiburan lainnya. Kecuali atraksi lumba lumba, pengunjung harus membayar lagi.

“Selain itu, pada libur Lebaran ini juga ada beberapa acara hiburan, di antaranya gitar seruling dan mini zoo,” pungkasnya.(HS)