Pantai Indah Kemangi akan Tutup Selama Ramadhan

BATANGPOS.COM, KENDAL – Objek Wisata Pantai Indah Kemangi di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal akan ditutup selama Ramadan sebulan penuh.

Dari pantauan, pihak pengelola sudah memasang spanduk pengumuman tutup total, mulai dari depan loket pintu masuk dan di beberapa titik di dalam area wisata.

Kepala Desa Jungsemi Dasuki mengatakan, kebijakan obyek wisata tutup total selama bulan Ramadan ini berdasarkan kesepakatan pihak desa dengan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan para pedagang.

Menurutnya, kebijakan ini diambil untuk menjaga kesucian dan kekhusukan masyarakat desa dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

“Kemarin Sabtu (26/3) kami menggelar rapat bersama dengan pengurus maupun pedagang UMKM, sepakat selama Ramadan tutup total, untuk menjaga kesucian maupun menjaga dari kekhusukan warga Desa Jungsemi juga, akhirnya disepakati untuk bulan suci Ramadan selama satu bulan tutup total,” terang Dasuki, Senin (28/3/2022).

Disebutkan, Objek Wisata Pantai Indah Kemangi akan dibuka kembali pada H + 1 atau Lebaran kedua.

“Selama masa libur Lebaran, wisata akan buka seperti biasa, namun tidak ada acara hiburan seperti tahun-tahun lalu sebelum pandemi,” imbuh Dasuki.

Sementara itu Ketua BUMDes Jungsemi, selaku Direktur pengelola wisata Pantai Indah Kemangi, Sulton mengatakan, selama tutup total di bulan Ramadan, tempat wisata akan ditugaskan penjaga supaya tidak orang yang masuk ke area wisata.

Menurutnya, penjagaan dilakukan karena bisa saja pengunjung masuk melalui jalur lain di luar pintu masuk utama.

“Kami sudah menyiapkan semuanya. Seperti tukang jaga dan sebagainya, supaya tidak dimasuki orang selama bulan Ramadan. InsyaAllah kita mulai buka pada Lebaran kedua,” jelasnya.

Senada dengan yang disampaikan Kades Jungsemi, dirinya juga menegaskan, karena masih ada pembatasan-pembatasan dari pemerintah karena kondisi masih pandemi Covid-19, maka pada liburan Lebaran nanti pihaknya tidak akan menggelar acara hiburan.

“Namun, kita ada penambahan fasilitas baru, seperti banana boat dan taman bermain untuk anak-anak,” pungkas Sulton. (HS-06).