Pedagang Eks Pasar Weleri Datangi Rumah Dinas Bupati Kendal, Minta Solusi Sepinya Pasar Relokasi

BATANGPOS.COM, KENDAL – Para pedagang Pasar Weleri I korban kebakaran yang menempati Pasar Relokasi Terminal Bahurekso mengeluhkan sepinya pasar kepada Bupati Kendal Dico M Ganinduto di Kediaman Bupati, Selasa (17/5/2022).

Hal tersebut disampaikan ratusan pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Eks Pasar Weleri 1, saat audiensi di rumah dinas Bupati di Kelurahan Jetis Kecamatan Kendal.

Perwakilan pedagang pasar relokasi, Indra Joni mengaku dirinya bersama sekitar seratus pedagang yang masih bertahan di pasar relokasi mendatangi rumah dinas bupati untuk halal bi halal sekaligus melakukan audiensi terkait nasib para pedagang yang masih bertahan di pasar relokasi.

“Karena sekitar lima bulan sejak kami menempati Pasar Relokasi di Terminal Bahurekso hingga saat ini, kondisi pasar relokasi masih saja sepi pembeli,” ujarnya kepada BATANGPOS.COM,semarang.id, Rabu (18/5/2022).

Salain itu menurut Indra, kedatangan para pedagang disambut baik oleh Bupati Kendal. Bupati juga menyetujui permintaan para pedagang pasar relokasi untuk kembali dipindahkan ke Weleri agar perputaran ekonomi di Pasar Weleri kembali berjalan.

“Kita datang kesana untuk bersilaturahmi dengan Pak Bupati menyampaikan keluh kesah kita kayak disini (pasar relokasi) masih sepi. Dan kita minta untuk di kembalikan ke Weleri,” imbuhnya

Indra mengungkapkan, rencana awal dari Bupati Kendal akan mengarahkan para pedagang dipindah ke lapangan Asrama 408 Weleri.

“Cuma permintaan dari kami para pedagang di Terminal Colt Kuning. Karena alasannya dekat dengan keramaian. Tapi ini belum diputuskan oleh Pak Bupati karena akan didiskusikan dahulu,” ungkapnya.

Indra menjelaskan, saat ini ada 214 pedagang yang masih bertahan di pasar relokasi. Dirinya berharap pasar induk segera di bangun dan para pedagang pasar relokasi segera dipindahkan kembali ke Weleri.

“Itu yang menjadi keinginan kami para pedagang, pasar induk tetap dibangun di tempat semula. Dan harapan kami para pedagang ini bisa dipindahkan ke Terminal Colt Kuning Weleri,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat menghadiri halal bi halal Kepala Desa se-Kabupaten Kendal, Rabu (18/5/2022) menjelaskan, pertemuannya dengan para pedagang pasar relokasi kemarin, bertujuan untuk menjalin silaturahmi

“Jadi kemarin itu silaturahmi dengan para pedagang pasar relokasi. Terkait permintaan pedagang untuk pindah kalau itu sudah menjadi kesepakatan bersama Insya-Allah akan kita pindahkan ke Asrama 408 yang dimiliki Kodim. Harapannya bulan Juli akan selesai,” ujar Bupati.

Dico mengungkapkan untuk pembangunan Pasar Weleri yang terbakar, Pemerintah Kabupaten Kendal direncanakan tahun 2022 ini akan segera dibangun agar perekonomian di Pasar Weleri tetap hidup dan tumbuh.

“Pemerintah Kabupaten Kendal terus berupaya memberikan opsi terbaik kepada para pedagang Pasar Weleri yang terbakar,” tandas Dico.

Bupati berharap silaturahmi dengan para pedagang ini bisa terus terjalin agar para pedagang paham bahwa pemerintah terus berupaya memberikan solusi terbaik untuk pedagang.

“Tentunya opsi jangan panjangnya kita akan bangun kembali Pasar Weleri. Alhamdulillah sebentar lagi akan dilakukan serah terima aset kepada Pemda Kendal,” pungkas Dico. (HS-06).