Pekan Raya Kendal, Pemkab Bakal Gelontorkan Biaya Rp 900 Juta

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-417, Pemerintah Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan event besar Pekan Raya Kendal (PRK) 2022.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disdagkop UKM) Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, event yang digelar 21 – 28 Juli 2022 tersebut bakal dianggarkan Rp 900 juta.

“Itu sekaligus dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-417 yang jatuh pada tanggal 28 Juli,” terangnya, usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-75, Selasa (12/7/2022).

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Kendal expo, job fair, pameran UMKM, pentas seni, serta hiburan lainnya, yang digelar di Stadion Utama Kendal.

“Kami masih mematangkan pelaksanaannya. Dan pembukaannya pas 21 Juli dengan salawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf,” ungkap Ferinando.

Dijelaskan, pada event besar ini pihaknya akan menggandeng lebih dari 30 UMKM yang ada di Kabupaten Kendal. Termasuk UMKM makanan hingga kerajinan. Melalui hal itu, Pemkab Kendal mendorong produk UMKM supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Karena selama ini belum banyak masyarakat yang tahu kalau di Kendal itu banyak produk UMKM yang juga masuk ke marketplace,” jelas Ferinando.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disdagkop UKM Kendal, Abdul Azis mengatakan, event pekan raya juga sudah pernah digelar tahun sebelumnya, yakni terakhir pada 2019 lalu dengan nama Kendal Expo.

Sedangkan untuk 2022 ini, dinamakan Pekan Raya Kendal, yang juga akan menampilkan kearifan lokal dan mempromosikan desa wisata.

“Nantinya di Pekan Raya Kendal ada event desa wisata dan pentas kesenian sekolah. Jadi kami juga menggandeng dinas lainnya untuk event besar ini,” jelasnya. (HS)