Pemkab Batang Pastikan Puluhan Hewan Kurban Bebas PMK

 

BATANGPOS.COM, BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang memastikan puluhan hewan kurban yang disembelih, benar-benar bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, ketika menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi, untuk masyarakat, di Alun-alun Kabupaten Batang, Minggu (10/7/2022).

Dia mengatakan, sebelum pelaksanaan Iduladha tahun ini, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Batang, telah melakukan pengecekan kesehatan, pada 35 ternak, yakni 3 ekor sapi dan 32 ekor kambing.

Karena itu masyarakat tidak perlu cemas, terhadap PMK, karena seluruh hewan ternak yang menjadi hewan kurban, dipastikan telah diperiksa.

Sementara itu terkait penyerahan sapi kurban, dia berharap menjadi berkah untuk warga Batang.

“Satu ekor sapi kami serahkan kepada panitia kurban, untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Semoga membawa keberkahan untuk masyarakat Batang,” katanya, usai menyerahkan hewan kurban,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Selain itu, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyerahkan satu ekor kambing dan Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto menyerahkan dua ekor kambing.

Sebelumnya, Dislutkanak telah berkeliling untuk memvaksin sapi dan kambing, sehingga hewan ternak dipastikan sehat dan tidak terpapar PMK.

“Jadi hewan untuk korban ini Insyaallah benar-benar jaminan sehat,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Takmir Masjid Agung Darul Muttaqin, KH M Saifudin Zuhri, bahwa seluruh ternak yang akan dikurbankan, sebelumnya telah menjalani serangkaian tes kesehatan.

“Dua hari yang lalu semua ternak sudah diperiksa. Jadi kambing dan sapi yang dibawa ke sini benar-benar halal dan sehat,” ungkapnya.

Dalam sistem pembagian daging kurban, pihak panitia telah menyiapkan kupon.

“Beberapa kampung dan musala sudah banyak yang mengajukan. Dari panitia kurban juga mengirimkan surat kepada warga yang berhak mengambilnya, agar terpantau dan sesuai sasaran,” ujar dia. (HS-08)