Pemkab Blora Petakan GTT hingga PTT dan Honorer untuk Diajukan Jadi ASN

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora Menurutnya, saat ini sedang mendata dan memetakan potensi pegawai tidak tetap (PTT), guru tidak tetap (GTT), dan honorer, agar kelak bisa diajukan menjadi aparatur sipil negara (ASN) ke Pemerintah Pusat, baik melalui formasi PPPK maupun PNS.

Hal itu disampaikan Bupati Blora Arief Rohman dalam apel bersama di halaman Kantor Dinas Pendidikan, Jl Ahmad Yani, Nomor 42, Kamis (23/6/2022).

Dalam kegiatan itu, Bupati Blora juga menyerahkan Surat Keputusan (SK), kepada 753 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru kelas SD dan guru mata pelajaran (Mapel) SMP.

“Kami ucapkan selamat kepada 639 guru SD, dan 114 guru mapel SMP, yang menerima SK pengangkatan. Setelah diproses panjang, akhirnya SK bisa kita serahkan. Jadikan momentum ini sebagai pelecut semangat, untuk lebih baik dalam mendidik anak-anak generasi penerus Blora. Berikan pendidikan yang terbaik sehingga IPM bisa ikut naik,” kata Bupati Arief, seperti dirilis blorakab.go.id.

Dia juga mengajak para guru penerima SK sebagai PPPK untuk bersyukur.

“Panjenengan (anda) semua bisa jadi PPPK seperti ini, juga karena sekolah. Panjenengan harus bersyukur, karena di luar sana masih ada daerah yang belum bisa menyerahkan SK karena gaji PPPK nya belum teranggarkan,” lanjut Bupati.

Untuk Blora, Bupati mengatakan gaji dan tunjangan sudah dibayarkan mulai Mei lalu. Sehingga dirinya meminta agar seluruh PPPK, bisa menjadi contoh guru yang baik di sekolahnya dan lingkungan sekitar.

“Karena gajinya sudah kita anggarkan, maka kami minta seluruh PPPK yang hari ini menerima SK juga taat zakat. Ini merupakan wujud syukur untuk membantu saudara kita yang masih belum beruntung. Nantinya zakat akan dipotong 2,5 persen langsung setiap bulannya dari gaji. Tidak ada seratus ribu per bulan. Akan dikumpulkan di Baznas dan dikembalikan untuk membantu anak-anak kita yang putus sekolah,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Aunur Rofiq menyampaikan bahwa PPPK guru SD dan SMP ini, menerima SK pengangkatan dengan masa kontrak selama 5 tahun.

“Kontraknya 5 tahun. Tetapi pada satu tahun terakhir nanti, tahun kelima akan dilakukan evaluasi kinerjanya. Jika memang kinerjanya baik dan memenuhi target kompetensi, maka akan diperpanjang kembali kontrak kerjanya,” terang Aunur Rofiq.

Sementara itu, Ahmad A’an Yudianto, salah satu PPPK formasi guru kelas SDN 1 Brumbung, Kecamatan Jepon, mengucapkan terima kasih atas penyerahan SK Pengangkatan yang dipimpin langsung oleh Bupati.

“Alhamdulillah, maturnuwun (terima kasih) Pak Bupati, Pak Kepala Dinas, dan BKD yang sudah menyerahkan SK hari ini. InshaAllah kami siap untuk terus mengabdikan diri pada Blora di bidang pendidikan. Kami siap Sesarengan mBangun Blora dari bidang Pendidikan,” ujarnya.

Usai apel penyerahan SK dan arahan Bupati, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan para PPPK berdasarkan masing-masing Korwil Kecamatan.

Para PPPK guru ini nampak antusias meminta foto bersama dengan Bupati.

Tampak hadir Kepala BKD Kabupaten Blora, Heru Eko Wiyono dan jajaran Struktural Dinas Pendidikan, hingga para Ketua Korwil Pendidikan se Kabupaten Blora. (HS-08)