Pemkab Fasilitasi Pembuatan E-KTP dan KIA Bagi Penyandang Disabilitas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Gerakan Bersama Untuk Penyandang Disabilitas melalui Pendataan, Perekaman, dan Penerbitan Dokumen Kependudukan (Biodata, E-KTP, KIA) Guna Membangun Masyarakat Inklusif Se-Kabupaten Kendal, dicanangkan di SLB Negeri Kendal di Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Selasa (24/5/2022).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto ikut mendatangi kegiatan itu didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi dan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kendal, Tavip Purnomo.

Kepala Sekolah SLB Negeri Kendal, Tri Sayekti mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya atas ditunjuknya SLB Negeri Kendal menjadi tempat penyerahan secara simbolis pembuatan E-KTP dan KIA untuk penyandang disabilitas.

Menurutnya pelayanan pembuatan E-KTP dan KIA bagi disabilitas yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Disdukcapil, merupakan sebuah terobosan pelayanan yang sangat luar biasa. Kaarena akan sangat membantu bagi anak-anak disabilitas memperoleh hak atas administrasi kependudukan.

“Pelayanan ini sangat membantu sekali bagi anak-anak kami yang menyandang disabilitas. Karena pada umumnya masih banyak masyarakat yang masih memandang sebelah mata kepada anak-anak kami penyandang disabilitas,” ungkap Tri Sayekti.

Ditambahkan, SLB Negeri Kendal memiliki 266 murid dengan 35 guru dan karyawan. Dengan berbagai talenta yang dimiliki membuktikan bahwa penyandang disabilitas mampu dan bisa menunjukkan eksistensi untuk bisa sejajar dengan yang lainnya.

“Banyak kreasi yang dimiliki anak-anak kami di antaranya ada menjahit, ada kerajinan, membuat bantal, tata boga, cuci motor, ada kegiatan membatik, melukis fashion show, tari, dan banyak kreasi kreasi yang lain,” imbuh Tri Sayekti.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, acara yang diselenggarakan ini, serentak se-Indonesia, yang bertujuan pemutahiran data penyandang disabilitas. Selain itu juga untuk terus memberikan apresiasi dan juga support terhadap sekolah-sekolah SLB.

Bupati menegaskan, pelayanan administrasi penendudukan ini sangat penting sekali bagi seluruh masyarakat baik umum maupun disabilitas.

Alhamdulillah program yang dicanangkan pada siang hari ini adalah program bagaimana kita bisa memberikan pelayanan kepada disabilitas, karena ini adalah hak bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan E-KTP dan lainnya,” ungkap Bupati.

Dico menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kendal saat ini fokus terhadap pengembangan sekolah disabilitas maupun inklusif. Dirinya menyebut, ada 1.200 penyandang disabilitas yang bersekolah di Kabupaten Kendal, baik di sekolah SLB dan di sekolah inklusif.

Insya-Allah ini menjadi prioritas dari saya khususnya untuk bisa memberikan kesempatan yang sama, untuk bisa memberikan pendidikan yang layak, yang baik. Karena setiap anak di Kabupaten Kendal wajib untuk bisa mendapatkan pendidikan yang sama dan layak,” ujar Dico.

Sementara itu Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Kendal, Tavip Purnomo mengatakan, tercatat sebanyak 742 siswa dengan keterangan cacat fisik. Terdiri dari 27 orang cacat netra, 19 orang cacat rungu, 132 orang cacat mental, 78 orang cacat fisik dan mental, serta 13 orang dan cacat lainnya adalah 473 orang.

“Pelaksanaan perekaman E-KTP dan KIA kepada penyandang dilakukan mulai tanggal 17 – 22 Mei 2022. Dan pada hari ini tanggal 24 Mei 2022 secara serentak diberikan kepada 742 Siswa disabilitas, dengan biodata terdiri dari 631 orang cetak KIA 299 orang dan E-KTP 53 orang,” terangnya.(HS)