Pemkab Kendal Luncurkan Aplikasi “Kendal Karir”

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dalam rangka mempermudah penyaluran tenaga kerja, Pemerintah Kabupaten Kendal secara resmi melaunching aplikasi Kendal Karir yang telah tersedia di Play Store, Kamis (19/5/2022).

Acara sosialisasi dihadiri para tenaga IT (information and technology) dari berbagai perusahaan dan di kantor-kantor kecamaten se-Kabupaten Kendal.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri dalam sambutan laporannya menjelaskan, pemerintah memiliki program “Prestasi” atau program Eksklusif Pelatihan Siap bagi Masyarakat Kabupaten Kendal.

“Ini merupakan program pelatihan dan penyaluran bagi para tenaga kerja pasca selesai melakukan pelatihan,” terangnya.

Dikatakan, data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, perlu adanya penurunan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Kendal.

Menurut Cicik, jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pengangguran.

“Kendal Karir selain aplikasi bisa dibuka melalui website, di situ terdapat beberapa informasi terkait perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan telah terisi kurang lebih 17 perusahaan,” jelasnya.

Diharapkan, aplikasi Kendal Karir ini mampu menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Kendal.

“Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja akan menjalin kerja sama lebih luas dengan menggandeng perusahaan luar Kendal. Sehingga ketersediaan lapangan kerja menjadi lebih luas,” ungkap Cicik.

Sementara Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyampaikan sambutan Bupati Kendal terkait Kendal Karir diharapkan mampu tersampaikan hingga tingkat desa, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dengan maksimal.

“Tentunya setelah program ini berjalan dan aplikasi mulai aktif, menjadi tugas kita untuk dapat mensosialisasikan aplikasi dan program Prestasi kepada masyarakat,” terang Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut.

Pada tahun 2022 Bupati menargetkan kurang lebih 40.000 tenaga kerja dapat terserap baik dari sektor industri yang terdapat di dalam kawasan maupun di luar kawasan.

Adapun peran dan tanggung jawab dari masing–masing pihak dalam penggunaan Aplikasi Kendal Karier, di antaranya peran Pemkab Kendal adalah menyediakan data pencari kerja, menerima data kebutuhan tenaga kerja, dan pelatihan dari pelaku usaha.

“Selain itu, peran Pemkab Kendal adalah melaksanakan pelatihan, dan menyalurkan calon tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan, pasca mengikuti pelatihan,” imbuh Pakde Bas.(HS)