Pemkab Magelang Pasang Wifi di Belasan Tempat Wisata

 

BATANGPOS.COM, MAGELANG – Dua perangkat daerah Kabupaten Magelang, yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) serta Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), melengkapi sejumlah tempat wisata di wilayah itu dengan internet melalui wifi.

Hal itu terungkap dalam sebuah gelar wicara, yang membahas tempat wisata dan jaringan internet. Acara itu disiarkan melalui kanal Youtube Gemilang FM News Official dan LPPL Radio Gemilang di frekuensi 96,8 FM, dipandu host Darma Wijaya, dari Taman Wisata Air Kalibening, Payaman, Secang, Kabupaten Magelang, baru-baru ini.

Hadir sebagai narasumber, Kadisparpora, Slamet Achmad Husein dan Kadiskominfo Kabupaten Magelang, Endra E Wacana.

Menurut Wacana, dukungan jaringan internet terhadap destinasi wisata di Kabupaten Magelang, terlaksana atas kerja sama dengan pelaku wisata yang, tergabung dalam komunitas destinasi tujuan wisata (DTW), Pesona Magelang (Pesma) dan lainnya.

“Ini merupakan sinergi pemerintah dengan pihak swasta, terutama pelaku wisata di Kabupaten Magelang,” kata dia, seperti dirilis magelangkab.go.id.

Adapun objek wisata yang sudah terpasang jaringan internet wifi, meliputi Taman Air Kalibening, Nepal Van Java Kaliangkrik, Telaga Bleder Grabag, Candi Umbul Kecamatan Grabag, Kedung Kayang Sawangan, Gunung Telomoyo Ngablak, Desa Bahasa Borobudur, Jurangjero Kecamatan Dukun, Tumpeng Menoreh Salaman, Gununggono Dukun, Tol Kayangan Sawangan, Ketep Pass Sawangan, dan Air Terjun Sekarlangit Grabag.

Kadisparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menyatakan dukungan jaringan internet, menjadi kebutuhan bagi pelaku wisata, yang saat ini mulai bergairah, setelah ada kelonggaran dari pemerintah terkait pandemi covid-19. Hampir dua tahun kondisi wisata di Kabupaten Magelang mengalami keterpurukan.

“Dukungan internet, tentu tidak terlepas dari peran kemajuan teknologi yang ada. Bagaimana kolaborasi antar keduanya bisa dilakukan dalam rangka pengembangan pariwisata di Kabupaten Magelang, dan saat ini mulai bergairah kembali,” ujar Ahmad Husen. (HS-08)