Pemkab Purworejo Dukung Polsa Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan

 

BATANGPOS.COM, PURWOREJO – Pemkab Purworejo senantiasa mendukung berbagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Kabupaten Purworejo, termasuk Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa).

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH pada acara asesmen lapangan re-akreditasi Program Studi Akuntansi Polsa secara daring, Jumat (1/7/2022).

Hadir Ketua Yayasan Sawunggalih Aji Kutoarjo H Johan Abdul Rakman SE MM Akt dan Tim Asesor BAN-PT Dr Sumiadji MSA Akt serta Dra Ani Sri Murwani Kumara Kapti MM Akt secara daring.

Yuli Hastuti menyebut, Polsa telah terbukti menjadi aset bagi daerah dan masyarakat Purworejo yang patut dibanggakan. Polsa juga telah berperan aktif melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi, sejak beroperasi pada tahun 2001.

Polsa telah turut meningkatkan daya serap masyarakat Purworejo dan sekitarnya untuk dapat menempuh pendidikan tinggi vokasi berkualitas dengan biaya yang terjangkau.

Dengan menghasilkan lulusan yang profesional dan berkompeten, Polsa telah ikut mendukung salah satu Misi Kabupaten Purworejo, yakni meningkatkan daya saing SDM yang unggul dalam arti luas, dengan mengedepakan kompetensi keahlian dan keilmuan yang berbasis pada religiusitas masyarakat.

“Dukungan tersebut salah satunya ditunjukkan dengan lulusan Polsa yang sukses menjalani berbagai profesi seperti sebagai ASN, karyawan lembaga atau perusahaan swasta, maupun sebagai wirausaha mandiri,” kata Yuli, seperti dirilis purworejokab.go.id.

Selain itu, lanjut Wabup, Polsa juga telah ikut mendukung misi Purworejo untuk meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi daerah berbasis UMKM, perdagangan, industri serta potensi pariwisata dan seni budaya.

Hal ini telah dilakukan melalui kerja sama serta sinergisitas dengan instansi terkait seperti Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Dinkukmp), Dinpermades PPPA dan lainnya.

Polsa juga berperan aktif dalam pemberdayaan UMKM melalui berbagai forum dan berbagai upaya seperti pelatihan dan pendampingan UMKM, koperasi, dan BUMDes untuk digital marketing, penguatan kelembagaan, perluasan pasar, dan sebagainya.

“Pemkab Purworejo senantiasa mendukung berbagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Kabupaten Purworejo, termasuk Polsa. Apalagi Polsa telah terbukti menjadi aset bagi daerah dan masyarakat Purworejo yang patut dibanggakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Polsa, Danis Imam Bachtiar SE MM menjelaskan jika proses akreditasi Prodi DIII Akuntansi, merupakan pengalaman pertama kali bagi Polsa dengan menggunakan sembilan instrumen/IAPS. Selama ini Polsa menggunakan tujuh standar.

“Alhamdulillah dalam proses penyiapan dokumen dan pengisiannya kami bekerja secara tim sehingga bisa terselesaikan dengan baik. Semoga impian kita minimal untuk bisa bertahan pada peringkat B bisa tercapai,” kata Danis. (HS-08)