Pentas Seni Meriahkan Penerimaan Estafet Obor Pesonas di Kabupaten Semarang

 

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Penerimaan estafet obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) I tahun 2022, di halaman Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Kamis (30/6/2022) berlangsung meriah.

Bupati H Ngesti Nugraha, didampingi Ketua DPRD Bondan Marutohening dan pimpinan OPD terkait, menerima obor dari perwakilan Kota Salatiga.

Usai penerimaan, Bupati lalu menggunakan api dari obor itu, untuk menyalakan api di tungku Pesonas yang telah disediakan.

“Obor itu sebelumnya telah dikirab berkeliling wilayah Jawa Timur, DKI Jakarta dan kembali ke wilayah Jawa Tengah. Api berasal dari api abadi Mrapen,” kata Wakil Ketua Bidang Kompetisi Pesonas I Kristijani Kirana yang mengawal perjalanan obor.

Serangkaian dengan acara itu juga digelar pertunjukan tari dan seni pantomim oleh siswa SLB Negeri Kabupaten Semarang di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang.

Dijelaskan oleh Kristijani, pelaksanaan Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) I akan melombakan dua belas cabang pertandingan.

Panitia mengundang 34 pengurus provinsi Special Olympics Indonesia (Soina) untuk berpartisipasi di ajang kompetisi anak-anak bertalenta khusus itu.

“Istilah talenta khusus, kami gunakan untuk mengganti sebutan tunagrahita atau disabilitas. Tujuannya agar mereka punya kesempatan untuk bergembira dan berprestasi,” katanya yang juga menjabat ketua Soina Provinsi Jawa Tengah.

Pesonas digelar sebagai ajang anak-anak berkebutuhan khusus untuk berkompetisi. Sebab di ajang paralympic, hampir pasti kalah jika bertanding dengan penyandang disabilitas lainnya.

“Diperlukan ajang khusus bagi mereka agar bisa menjadi juara dan gembira. Pesonas ini menjadi pengembangan kompetisi tidak hanya olahraga namun juga budaya,” kata dia, seperti dirilis semarangkab.go.id.

Cabang olahraga yang dipertandingkan di Pesonas I tahun 2022 antara lain sepak bola, bola voli, bola tangan, futsal, renang dan bola basket. Selain itu juga akan dilombakan senam ritmik dan tari daerah.

Pada kesempatan yang sama, Kristijani juga mengukuhkan pengurus Soina Kabupaten Semarang masa bakti 2022-2026. Dia berharap para pengurus dapat mengembangkan potensi yang dimiliki anak-anak bertalenta khusus itu.

Bupati H Ngesti Nugraha juga segendang sepenarian. Dia mengharapkan para pengurus dapat mendampingi dan membimbing anak-anak itu mengembangkan bakat dan kemampuannya.

Terpilih sebagai ketua Soina Kabupaten Semarang 2022-2026 Pujo Pramujito. Kepengurusan juga didukung enam wakil ketua, sekretaris, bendahara dan tujuh direktur serta koordinator pelatih.(HS-08)