Penyegaran Materi Permainan Tradisional, Guru di Banyumas Latihan Bersama

 

BATANGPOS.COM, BANYUMAS – Sejumlah pendidik yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Wirayuda Sekolah Dasar, melakukan latihan bersama permainan tradisional, Rabu (25/5/2022).

Kegiatam yang digelar di halaman SDN 1 Kutaliman, Kedungbanteng itu, untuk menyegarkan kembali pemahamanan mereka mengenai permainan trandisional, yang nantinya akan diajarkan di sekolah masing-masing.

Ketua KKG Gugus Wirayuda Kedungbanteng, Yuni Karomah menjelaskan permainan tradisional, disampaikan sebagai penyegaran kembali materi pembelajaran. Permainan tradisional dipraktikkan kembali oleh sesama guru, sebagai tutor teman sebaya, dengan berbagai macam permainan.

“Jenis permainan yang dipraktikkan, yaitu asah konsentrasi, dingklik oglak aglik, jala ikan, dan gobag sodor. Semua itu ada dalam pembelajaran tematik, untuk melatih kerja sama, kebersamaan, kecerdasan, dan keterampilan bagi siswa,” kata dia, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Yuni menambahkan, selama pandemi, pembelajaran di luar ruangan tidak dapat dipraktikkan. Karena itu latihan bersama ini, juga untuk menyegarkan kembali pemahaman para guru SD, mengenai berbagai jenis permainan tradisional.

“Melalui refresh materi ini, diharapkan guru mampu menerapkannya dengan siswa sehingga pembelajaran semakin menyenangkan. Memberi edukasi dan pengenalan permainan tradisional agar tetap lestari dilingkungan masyarakat,” kata guru kelas VI SDN Melung, Kedungbanteng tersebut. (HS-08)