Perindah Kaliwungu, Pemkab Kendal Akan Revitalisasi Alun-Alun dan RTH

BATANGPOS.COM, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal rencananya akan merevitalisasi pembangunan alun-alun Kaliwungu dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk lebih memperindah Kaliwungu yang dikenal dengan Kota Santri.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat silaturahmi besama para pengurus masjid dan para kiai di Kecamatan Kaliwungu usai melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjid Besar Al-Muttaqin Desa Krajankulon, Kecamatan Kaliwungu, Jumat (3/5/2022).

Safari Salat Jumat merupakan rutinitas Bupati Kendal yang dilakukan setiap hari Jumat untuk menyapa masyarakat dengan melaksanakan ibadah bersama.

“Dalam jangka waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten Kendal akan merevitalisasi alun-alun Kaliwungu dengan RTH plus, agar Kaliwungu bisa terlihat lebih indah dan lebih baik lagi. Sehingga nantinya, tidak hanya untuk tempat perdagangan saja, tetapi juga dapat difungsikan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan bagi masyarakat Kaliwungu,” tutur Dico.

Bupati Kendal juga mengungkapkan, untuk merealisasikan pembangun revitalisasi pembangunan perlu adanya didukungan dari masyarakat, para kiai dan dan stake holder pemerintah di Kecamatan Kaliwungu.

“Kami juga meminta dukungan dari masyarakat Kaliwungu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh pihak terkait, agar pembangunan yang akan dilaksanakan pada akhir 2022-2023 ini dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Dico.

Terkait dengan para pedagang yang berjualan di alun-alun Kaliwungu, Bupati menjelaskan, nantinya para pedagang akan disiapkan tempat atau di relokasi di Kawedanan Kaliwungu, yang nantinya juga akan dibangun lebih baik lagi.

Menurut Dico, dengan revitalisasi alun-alun RTH plus maka akan lebih meningkatkan tiga faktor. Pertama yaitu dapat meningkatkan angka kebahagiaan masyarakat, karena saat datang berkunjung di alun-alun merasa senang dengan keindahannya.

Kedua, lanjut Bupati, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Kaliwungu, dan yang ketiga adalah dapat menjadi icon, sehingga bisa meningkatkan nilai plus di wilayah Kecamatan Kaliwungu.

“Saya berharap kepada masyarakat, agar nantinya kebersihannya tetap bersama-besama dijaga dengan baik. Karena keindahan itu tidak hanya pada bangunannya saja yang bagus, tetapi juga harus bebas dari sampah,” imbuh Dico.

Sementara itu, salah satu pengurus masjid besar Al-Muttaqin Kaliwungu, KH Asroi Tohir mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik niat Pemerintah Kabupaten Kendal untuk merevitalisasi alun-alun Kaliwungu agar terlihat lebih Indah.

Dirinya juga meminta kepada para pengrus Masjid Al-Muttaqin dan para pemangku di wilayah Kaliwungu. Baik camat maupun para kepala desa setempat untuk ikut serta mendukung program tersebut.

Salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat maupun kepada orang pedagang terkait program prioritas Pemerintah Kabupaten Kendal.

“Mari kita dukung program prioritas pemerintah ini. Kepada camat dan para kepala desa, agar menginformasikan hal ini kepada masyarakat dan para pedagang yang berjualan. Supaya pembangunan ini dapat berjalan baik, karena ini manfaatnya akan kembali kepada masyarakat di wilayah Kaliwungu,” ungkap Asroi Tohir.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan dari Baznas Kendal untuk perawatan masjid sebesar Rp 5.000.000 kepada Ketua Takmir Masjid.(HS)