Peringati Hari Sepeda Dunia, KNPI Kendal akan Gelar Gowes Bareng

BATANGPOS.COM, KENDAL – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kendal akan menggelar gowes bareng pada Minggu (5/6/2022). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Sepeda Dunia yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2022 lalu.

Gowes akan melibatkan ratusan orang baik dari Pemerintahan, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi dan sekolah serta organisasi kemasyarakatan dan Komunitas/Kelompok Sepeda di Kabupaten Kendal.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, kegiatan gowes bareng ini dalam rangka memperingati Hari Sepeda Dunia yang dicanangkan PBB.

Dikatakan, Hari Sepeda Dunia jadi pengingat akan manfaat bersepeda sebagai sarana transportasi berkelanjutan yang sederhana, terjangkau, bersih dan ramah lingkungan.

Selain itu, menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal tersebut, penggunaan sepeda berkontribusi mengurangi kemacetan dan menjaga kualitas udara lebih baik.

“Insya-Allah besok Minggu (5/6) KNPI Kabupaten Kendal menggelar gowes bareng, untuk memperingati Hari Sepeda Dunia. Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat, supaya sadar bahwa bersepeda itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh,” ujarnya, Sabtu (4/6/2022).

Selain kesehatan tubuh, kegiatan gowes bareng ini dapat meningkatkan silaturahmi antara Pemerintah, BUMN/BUMD dan lembaga lain dengan masyarakat.

Parno menjelaskan, untuk titik kumpul atau start, dimulai di Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal di komplek Setda Kendal, Jalan Soekarno-Hatta 193 Kendal.

“Untuk rute, dari Rumdin Wabup kemudian menuju Jalan Pemuda, Jalan Sukodono, selanjutnya menuju Pegandon dan berakhir di Bendungan Juwero Desa Pekuncen Kecamatan Pegandon,” jelasnya.

Parno menambahkan, acara ini terbuka untuk umum dan tanpa biaya pendaftaran atau gratis.

“Acara ini kami buka untuk umum dan tanpa biaya pendaftaran alias gratis, serta ada banyak hadiah hiburan bagi peserta yang diundi di tempat finish,” pungkasnya. (HS-06)