Perkuat Penegakan Hukum, Polres Kebumen dan Ikatan Notaris Indonesia Jalin Kerja Sama

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Polres Kebumen berkerja sama dengan Ikatan Notaris Indonesia pengurus daerah kedu selatan (Kebumen-Purworejo), untuk memperkuat sinergitas dalam penegakan hukum.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, oleh Polres Kebumen dan notaris, di gedung pertemuan Sekar Jagad, Hotel Mexolie, Kebumen, Jumat (12/8/2022).

Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin dalam sambutannya menyampaikan, kerja sama dilakukan agar penegakan hukum oleh Polri dan notaris berjalan baik.

“Perjanjian kerja sama dilakukan antara Ikatan Notaris Indonesia Pengurus Daerah Kedu Selatan dengan Polres Kebumen tentang pembinaan dan penegakan hukum dalam upaya meningkatkan profesionalisme,” kata dia, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Adapun bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan, antara lain tukar menukar data atau informasi.

“Bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan yaitu tentang tukar-menukar data atau informasi, pembinaan hukum, penegakan hukum, serta peningkatan kapasitas SDM,” jelas AKBP Burhanuddin yang saat itu didampingi Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali serta pejabat utama Polres.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Ikatan Notaris Indonesia pengurus daerah Kedu selatan Hendro Budi Antoro.

Menurutnya, Polri mempunyai tugas dan kewenangan sesuai dengan UU no 2 tahun 2022 demikian juga notaris mempunyai tugas dan kewenangan sesuai UU jabatan Notaris no 2 tahun 2014.

“Pentingnya ada perjanjian ini untuk tugas sinergi dan kewenangannya masing-masing apabila dikemudian hari terdapat perbedaan penafsiran agar diselesaikan secara musyawarah mufakat,” kata Hendro Budi Antoro.

Dengan kata lain, perjanjian yang dibuat oleh Polres Kebumen bersama dengan notaris, untuk meningkatkan mutu serta profesionalisme dalam rangka pembinaan dan penegakan hukum.

Ikatan Notaris Indonesia memberikan dukungan kepada Polri dalam menegakkan hukum, untuk itu dengan kehadiran Notaris diharapkan bisa memberikan kemudahan kepada Polri.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga mendasari perjanjian kerjasama antara Polri berama dengan Ikan Notaris Indonesia tingkat Pusat lalu di tingkat Polda dan Polres juga ikut mendukung. (HS-08)