Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal Optimis Bukukan Laba Rp 11 Miliar di Tahun 2022

BATANGPOS.COM, KENDAL – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirto Panguripan Kabupaten Kendal menggelar Halal bi Halal di Kantor Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Rabu (18/5/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Sunanto beserta para Direksi dan Komisaris, serta ratusan pegawai Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Sunanto mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

Tak lupa mewakili Direksi dan Pegawai Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, dirinya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin dalam kegiatan halal bi halal ini.

“Semoga dengan acara halal bi halal yang sederhana ini, bisa lebih bermakna dengan kehadiran Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Kendal. Kami atas nama direksi dan karyawan mohon maaf lahir dan batin, serta mengucapkan terima kasih atas kehadirannya. Semoga ke depan, Kendal bisa lebih maju dan berkembang,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sunanto juga melaporkan kondisi Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal saat ini terdapat 93.215 jumlah pelanggan, dengan jumlah pegawai per bulan Mei 2022 sebanyak 262.

Selain itu Sunanto juga menyampaikan, tahun 2020 Perumda yang sebelumnya masih PDAM tersebut mendapat laba sebesar Rp 8,5 miliar, kemudian tahun 2021 sebesar Rp 9,3 miliar.

Insya-Allah di tahun 2022 ini, Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal akan membukukan laba sebesar Rp 11 miliar,” harapnya.
Kjú
Sunanto menambahkan, untuk setoran PAD di tahun 2020 sebesar Rp 3,4 miliar. Sedangkan di tahun 2021 sebesar Rp 3,8 miliar.

Disebutkan di tahun 2022 ini Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, juga akan melaksanakan program penyambungan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) sejumlah 2.000 sambungan rumah.

“Kalau biasanya hanya seribu, di tahun 2022 ini, Insya-Allah kita tambah seribu lagi jadi 2.000 rumah warga yang masuk program MBR,” ujarnya.

Dijelaskan, dengan program MBR tersebut, masyarakat yang tergolong kurang mampu mendapatkan subsidi pemasangan saluran air bersih.

Penetapan MBR dilakukan survei langsung di lapangan oleh pihanya, untuk mengetahui kondisi warga yang benar-benar tidak mampu dan memburuhkan air bersih.

“Yang seharusnya biaya pemasangan jaringan air bersih membayar Rp 1,1 juta, warga yang masuk program MBR hanya cukup membayar Rp 400 ribu,” jelas Sunanto.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dalam sambutannya mengucapkan selamat Idul Fitri 1443 H, serta memohon maaf lahir dan batin kepada seluruh jajaran manajemen dan Pegawai Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal.

Menurutnya, halal bi halal ini, bisa lebih mengedepankan makna sinergitas dan harmonisasi para pegawai, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita harus sadari, dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa terlepas dari kebutuhan air. Karena air merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Jadi berikan kualitas pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Kendal,” ujar Dico.

Selain itu, Bupati menegaskan kepada seluruh jajaran Perumda Air Minum Tirto Panguripan di wilayah Kabupaten Kendal supaya bisa meningkatkan jumlah pelanggan.

“Tunjukkan kinerja dan sinergitas yang bagus. Berikan inovasi-inovasi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan berikan kualitas pelayanan air yang maksimal untuk masyarakat,” tandas Dico.

Acara kemudian dilanjutkan dengan saling berjabat tangan, antara Bupati dan Wakil Bupati dengan jajaran manajemen serta pegawai Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal. (HS-06)