Pilkades Serentak 2022 Segera Digelar, Bupati Kendal: Wajib Jaga Kondusifitas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Pemkab Kendal menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Wilayah yang digelar di Balai Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan, Sabtu (21/5/2022).

Topik utama membahas pemetaan pengamanan wilyah terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kecamatan Singorojo, Boja dan Limbangan (Siboli).

Acara dihadiri Forkopimcam Siboli, Kepala Desa dan Perangkat, serta tokoh masyarakat dan agama se kecamatan Siboli.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang membuka rakor menyampaikan beberapa poin yang menjadi perhatian dalam menjaga pelaksanaan pemilihan kepala desa pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Kendal tahun 2022 berdasarkan Keputusan Bupati Kendal Nomor 141/30/2022 tanggal 7 Februari 2022.

“Kondusifitas masyarakat harus menjadi hal paling dijaga, saya harap semua yang berperan di sini, baik itu Kepala Desa dan BPD termasuk Forkopimcam ikut mensosialisasikan terkait acara pilkades dan berikan nuansa yang tenang agar tidak terjadi pergesekan di masyarakat,” ungkap Bupati.

Dalam waktu dekat dari pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kendal akan melakukan bimbingan teknik terkait pelakasanaan pemilihan kepala desa.

“Pihak masyarakat harus dilibatkan terutama dalam menjaga kondisi wilayah,” ujar Dico.

Lebih lanjut Bupati meminta kepada pihak desa segera melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian dan TNI, baik itu melalui Babinkantibmas maupun Babinsa.

“Hal ini sebagai langkah pemetaan daerah rawan sehingga mampu dilakukan antisipasi lebih awal,” imbuh Dico.

Di sisi lain Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki turut menambahkan, jika pelakasanaan Pilkades haruslah bersifat jujur, adil, dan aman.

Selain itu, lanjut Wabup yang akrab disapa Pakde Bas ini, kondusifitas wilayah perlu menjadi perhatian bersama seluruh masyarakat.

“Kita harus terbuka, pemilihan kepala desa ini harus jujur, adil dan juga aman dalam pelaksanaannya, menjaga wilayah dan tingkatkan solidaritas di masyarakat menjadi hal yang penting,” ungkapnya.

Pilkades Serentak setidaknya akan berlangsung 62 Desa di Kabupaten Kendal dan kawasan Siboli terdapat 12 desa yang melaksanakan.(HS)