PKB Kendal Buka Pendaftaran Bakal Calon Legislatif, Ini Kriterianya

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten (PKB) Kendal menggelar Launching Pendaftaran Bakal Calon Legislatif, di Kantor DPC, Jalan Soekarno-Hatta Kendal, Sabtu (25/6/2022).

Acara launching dibuka Ketua DPC PKB sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Kholid Abdillah, beberapa anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kabupaten Kendal.

Acara juga dihadiri perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal, serta para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) didampingi puluhan pendukung dan simpatisan.

Dalam sambutannya, Muhammad Makmun mengatakan, pihaknya membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) PKB yang dipersiapkan menghadapi Pemilu 2024.

Menurutnya PKB membuka diri dari semua kalangan dan elemen masyarakat yang akan mencalonkan diri melalui partai yang sekarang dipimpin Muhaimin Iskandar ini.

“Ini adalah bukti keseriusan PKB Kabupaten Kendal dalam menghadapi Pemilu 2024. Kami yakin dan optimistis, PKB akan kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, seperti pada pemilu lalu,” kata Makmun.

Menurutnya, antusias masyarakat untuk mendaftar sebagai calon legislatif (caleg) dari PKB sangat besar. Terbukti sudah ada beberapa bakal calon yang mendaftar, dengan latar belakang yang beragam.

“Ini bukti antusias masyarakat untuk maju menjadi caleg bersama PKB. Karena sudah ada pendaftar dari latar belakang pengusaha, pesantren, dan kaum milenial. Bahkan pengurus PCNU Kendal juga mendaftarkan diri,” ungkap Makmun.

Dirinya juga menegaskan, pada Pemilu 2019 lalu, PKB meraih sepuluh kursi di DPRD Kabupaten Kendal. Harapannya ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Pemilu 2019, Alhamdulillah kita mendapatkan sepuluh kursi. Kami berharap ini bisa dipertahankan dan Insya-Allah semakin bertambah jumlah kursinya di DPRD,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua LPP PKB Kabupaten Kendal, Kholid Abdilah dalam sambutannya mengatakan ada beberapa mekanisme atau tahapan yang harus dilalui para pendaftar calon legislatif PKB. Kholid menegaskan, dalam pendaftaran bacaleg PKB tidak ada syarat khusus maupun melihat latar belakang pendaftar.

“Hanya saja ketika sudah ditetapkan, calon harus siap memperjuangkan cita-cita partai untuk mensejahterakan masyarakat berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan ajaran ahlussunah wal jamaah,” tandasnya.

Sementara untuk skema yang digunakan, lanjut Kholid, adalah pemenangan berbasis Daerah Pemilihan (Dapil).

“Setelah mendaftar nanti ada seleksi berkas pendaftaran dan uji kelayakan melalui wawancara, terkait motivasi mendaftar sebagai caleg. Saya tekankan, pendaftaran hingga pembekalan ini nantinya, para bacaleg tidak dipungut biaya, alias gratis,” imbuhnya.

Dari beberapa pendaftar di antaranya ada Izudin selaku Sekretaris PCNU Kendal, Mashuri Ketua Percasi Kendal, juga ada Pengusaha Tri Gobha Purwanto dan dari perwakilan milenial, Desi Panca Wardani.(HS)