Polres Brebes Amankan Salat Iduladha 1443 H di Stadion Karangbirahi

 

BATANGPOS.COM, BREBES – Personel gabungan Polres Brebes, melakukan pengamanan Salat Iduladha 1443 H/2022 M, yang digelar PCM Muhamadiyyah Brebes, di halaman Stadion Karangbirahi Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Sabtu (9/7/2022).

Salat Iduladha diikuti lebih kurang 500 orang, dengan imam dan khatib, Ustad Faturochman SPdI.

Kasi Humas Polres Brebes IPTU Edi Mardiyanto, seperti dirilis humas.polri.go.id, mengatakan kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan bersama Kokam Muhammadiyah, untuk memberikan rasa aman pada warga yang beribadah.

Kegiatan pengamanan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun, pada setiap Salat Idulfitri dan Iduladha. Dengan demikian umat muslim dapat melaksanakan ibadah secara kusyu, aman, nyaman, dan kondusif.

Dia menambahkan, dalam kegiatan-kegiatan semacam ini, masyarakat juga diimbau untuk melakukan upaya pengamanan. Sebagai contoh sebelum meninggalkan rumah untuk menunaikan salat Iduladha, masyarakat harus memastikan pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci.

Sebelum berangkat, juga harus dipastikan kompor dalam keadaan padam. Sesampai di masjid atau lapangan yang digunakan untuk Salat Idul Adha, masyarakat juga harus memastikan kendaraannya diparkir secara benar di tempat aman, dan ditinggalkan dalam keadaan terkunci. Bahkan apabila perlu, kendaraan diberi pengaman atau kunci ganda.

Semua upaya itu perlu dilakukan, untuk mencegah munculnya bahaya kebakaran, pencurian barang-barang di rumah yang ditinggalkan, atau pencurian kendaraan bermotor.

Lebih lanjut dikatakan, selain melakukan pengamanan salat Iduladha, petugas juga membantu masyarakat untuk menyebarang jalan dan mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi kegiatan.

“Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan supaya situasi tetap aman lancar dan terkendali,” kata dia. (HS-08)