Popda Jateng 2022, Kendal Kirim 141 Atlet Dari 24 Cabor

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal telah melakukan persiapan dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Provinsi Jawa Tengah 2022.

Dengan total 32 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, Kabupaten Kendal akan mengirimkan 141 atlet dan 41 pelatih dan empat pendamping dari 24 cabang olahraga pada ajang tersebut.

Kompetisi Popda Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 dijadwalkan akan mulai berlangsung pada 12 Juli hingga 19 Juli mendatang.

Staf Peningkatan Prestasi Olahraga Disporapar Kabupaten Kendal, Bambang Jati Pamungkas mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semuanya untuk menghadapi Popda Jateng 2022.

Sedangkan pengabsahan para atlet dan pelatih oleh Disporapar Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan Rabu (29/6/2022).

“Dari 186 baik atlet, pelati, maupun pendamping, kuota yang ditanggung oleh Provinsi hanya untuk 40 atlet dan pelatih saja,” ungkapnya, Rabu (29/6/2022).

Bambang menambahkan, pihaknya juga sudah melaksanakan koordinasi dengan Pengkab, sekolah-Sekolah, Disdikbud Kabupaten Kendal, serta Disporapar Provinsi Jawa Tengah untuk mensupport para atlet yang akan berkompetisi.

“Jadi kita juga sudah koordinasi dengan elemen-elemen terkait, untuk disupport atletnya biar mereka bisa bertanding dengan tenang. Atlet pun juga sudah kita kumpulkan, juga terus dipantau melalui klub-klub yang menaunginya,” imbuhnya.

Dari 24 cabang olahraga yang dikirim di ajang Popda 2022, lanjut Bambang, terbagi dalam tiga katagori, yakni resmi (19 cabor), mandiri (2 cabor) dan eksibisi (3 cabor).

Untuk cabor resmi yakni, Anggar, Panjat Tebing, Gulat, Tinju, Atletik, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Voli Pasir, Pencak Silat, Wushu, Judo, Angkat Besi, Renang, Panahan, Dayung, Tenis Lapangan, Kempo dan Taekwondo.

“Sedangkan untuk cabor mandiri ada Pentaque dan Tarung Derajat. Sedangkan eksibisi ada Hockey Indoor, Bridge dan Woodball,” papar Bambang.

Sementara itu, Ketua Pengkab Taekwondo Indonesia Kendal, Wibowo Heru mengatakan, pihaknya mengirim dua atlet putri di ajang Popda Jateng 2022 ini.

“Taekwondo Kendal mengirimkan dua atlet pelajar terbaik kami, yakni Janny Cindrawati dan Ratu Helena Wiranata Kusuma, serta pelatih Anggriawan dan Alex,” ungkapnya.(HS)