Program Drive Thru di BPN Kendal Dipuji Menteri ATR/BPN

BATANGPOS.COM, KENDAL – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kantor ATR/BPN Kabupaten Kendal, Selasa (5/7/2022).

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Tengah, Hadi Tjahjanto didampingi beberapa jajaran pejabat dari Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah dan Kepala Kantor BPN yang ada di Jawa Tengah, melihat langsung program drive thru dan program prioritas di Kantor ATR/BPN Kendal.

Jadi saat masyarakat akan mengurus surat sertifikat, akan dilayani oleh petugas dengan cepat, bahkan tanpa harus turun dari mobil.

Menurut Hadi, ini merupakan inovasi baru dari Kantor ATR/BPN Kendal yang pertama kali diterapkan di Jawa Tengah, yang menerapkan layanan drive thru dan loket prioritas.

“Sehingga masyarakat ketika harus mengurus sertifikat, tidak harus melalui notaris, tapi bisa datang langsung ke kantor ATR/BPN Kendal,” terangnya.

Selain itu, lanjut Hadi, proses pelayanannya cepat. Sehingga membantu masyarakat yang mempunyai keterbatasan waktu untuk datang ke Kantor ATR/BPN.

“Saya juga minta, supaya pelayanan di Kantor ATR/BPN Kabupaten Kendal ini, melayani masyarakat tujuh hari kerja dalam seminggu. Jadi baik Sabtu maupun Minggu tetap buka pelayanan,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Hadi juga menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang sedang mengurus sertifikat dengan layanan drive thru maupun loket prioritas. “Saya mengimbau kepada masyarakat, supaya jangan takut untuk datang ke Kantor BPN. Karena di sini akan dilayani dengan baik oleh petugas,” ucapnya.

Salah seorang warga yang sedang mengurus sertifikat melalui layanan drive thru, Samsul Arifin mengaku, dengan adanya layanan drive thru ini, dirinya terbantu.

“Ketika surat dimasukkan, saat ada panggilan untuk pengambilan, hanya cukup malakukan scan barcode saja. Kemudian tidak sampai lima menit sudah selesai dan jadi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Kantor BPN Kabupaten Kendal, Agung Taufik Hidayat mengatakan, layanan ini merupakan layanan inovasi yang lebih mempermudah masyarakat dalam pengurusan sertifikat. Baik dalam hal peningkatan hak, maupun balik nama.

Dirinya menyebut, sesuai dengan arahan Menteri, mulai pekan depan, BPN Kabupaten Kendal akan melaksanakan pelayanan tujuh hari kerja. Loket prioritas akan dibuka untuk Sabtu dan Minggu, yang bertujuan memberikan pelayanan tanpa henti dengan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

“Kami berharap, masyarakat yang memiliki kebutuhan dalam mengurus berkas pertanahan dan terkendala waktu, bisa mengurus sendiri di akhir pekan,” ujarnya. (HS)