Puluhan Hewan Kurban Baru Disembelih, MAJT Siapkan 2.450 Paket Daging untuk Dibagikan

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang melaksanakan penyembelihan belasan hewan kurban pada Senin (11/7/2022).

Terdapat 11 ekor sapi dan 25 ekor kambing termasuk hewan kurban milik Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang baru dilakukan penyembelihan. Dalam momen Idul Adha ini, MAJT menyiapkan sebanyak ribuan paket daging kurban untuk dibagikan kepada masyarakat.

Ketua Panitia Idul Adha 1443 H MAJT, Nur Khoirin mengatakan, pemotongan hewan kurban di MAJT kali ini pihaknya bakal mendistribusikan paket daging hewan kurban sebanyak 2.450.

“Sebanyak 2.450 paket daging kurban, akan distribusikan ke pengurus, kyai, tokoh di Semarang, pengurus MAJT, pegawai, masyarakat lingkungan terdekat dan lembaga-lembaga yang mengajukan,” ujarnya.

Disisi lain, dia memastikan bahwa hewan kurban yang diamanahkan untuk dikurbankan di masjidnya ini sudah diperiksa kesehatanna oleh Dinas Peternakan Kota Semarang sebelum hari perayaan Idul Adha. Pihaknya pun juga sudah menyediakan tempat pembuangan khusus untuk limbah atau sisi kotoran saat proses penyembelihan hewan kurban.

“Kesehatan hewan sejak kemarin sudah diperiksa dari Dinas Peternakan. MAJT sudah menyiapkan permanen lubang seperti septitank untuk darah dan kotoran jeroan. Setelah selesai, langsung disedot oleh mobil Tanki dan dibuang ke luar. Kemudian, disemprot dan dibersihkan,” terangnya.

Sementara itu, ia menjelaskan alasan pihak MAJT melakukan penyembelihan hari ini lantaran padatnya jadwal dari tukang jagal kurban dan pemotongan hewan. Tak hanya itu, panitia MAJT juga membantu pemotongan kurban di tempat tinggalnya masing-masing.

“Baru dilaksanakan karena hampir semua panitia MAJT juga panitia di masjid kampung masing-masing. Sehingga berbagi waktu. Kedua, tukang jagalnya jadwalnya penuh dan bisa gantian. Pemotongan ini dilakukan oleh jagal profesional, ada tim sapi dan tim kambing,” imbuhnya. (HS-06)