Punya Berderet Prestasi, Desa Karangtengah Purbalingga Dapat Ambulans Siaga

 

BATANGPOS.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyerahkan satu unit mobil ambulans siaga kepada Pemerintah Desa Karangtengah, Rabu (22/6) di Balai Desa. Pemberian ambulans untuk masyarakat tersebut sebagai bentuk penghargaan Pemkab Purbalingga atas berbagai prestasi yang diraih desa tersebut.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan salah satu prestasi Desa Karangtengah, adalah cakupan Vaksinasi Dosis III (Booster), yang sudah mencapai 50,8 persen dan tertinggi di Purbalingga.

“Padahal targetnya hanya 30%, akan tetapi Karangtengah ini jauh melampaui target. Oleh karenanya rasa-rasanya tidak salah manakala Bu Tiwi hadir untuk menyerahkan ambulans desa untuk masyarakat Karangtengah,” kata Dyah Hayuning Pratiwi, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Prestasi kedua, yakni Desa Karangtengah termasuk sebagai Desa Program Kampung Iklim (ProKlim) di tingkat nasional. Adapun prestasi ketiga, Desa Karangtengah juga termasuk sebagai kawasan bebas jentik nyamuk.

“Berdasarkan informasi, kaitan dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), Desa Karangtengah pun punya prestasi karena Desa Karangtengah sebagai satu-satunya desa yang dicanangkan sebagai kawasan bebas jentik nyamuk,” katanya.

Kondisi bebas jentik nyamuk ini merupakan hasil peran besar para ibu-ibu Kader PSN untuk mencegah terjadinya wabah penyakit DBD. Para Kader PSN yang berjumlah 25 orang ini aktif memastikan setiap rumah warga bebas jentik nyamuk dengan mengontrol setiap hari Jum’at.

“Saya tidak meragukan, program apapun ketika dilempar ke PKK atau kader-kader pasti jalan. Karena yang namanya ibu-ibu kalau sosialisasi program itu paling semangat, paling militan,” ungkapnya.

Bupati berpesan agar sejumlah prestasi yang diraih Desa Karangtengah ini untuk bisa dipertahankan. Jangan berhenti di tahun ini akan tetapi semangat berprestasi untuk dipertahankan juga di tahun-tahun yang akan datang.

Kepala Desa Karangtengah, R Indriawan Setya Hernowo SE mengucapkan terima kasih atas pemberian satu unit mobil ambulans siaga untuk keperluan masyarakat ini. Hal ini merupakan penghargaan Bupati atas semangat masyarakat dalam menjalankan dan menyukseskan program-program Pemkab Purbalingga.

“Alhamdulillah, garasi (balai desa) yang sudah lama kosong sekarang sudah terisi. Terima kasih Ibu Bupati,” katanya.(HS-08)