Radar 214 TNI AU Sosialisasikan Bela Negara untuk Generasi Muda Batang

 

BATANGPOS.COM, BATANG – Generasi muda di Kabupaten Batang, harus menghindari dan mencegah paparan ajaran radikalisme, intoleransi, kekerasan, dan narkotika. Upaya tersebut sekaligus merupakan bagian dari bela negara.

Hal itu diungkapkan Paban III Spotdirga Kasau, Kolonel Sus Kodrat Maliki, mewakili Aspotdirga Kasau, dalam kegiatan sosialisasi bela negara, bagi pemuda-pemudi Batang, di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (21/4/2022).

Kegiatan sosialisasi bela negara yang digelar Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) wilayah radar 214 ini, diikuti generasi muda seperti siswa SMA sederajat dan Forum Komunikasi Mahasiswa Batang Indonesia (Forkombi).

“Generasi muda perlu menghindari ajaran radikalisme, intoleran, tindakan kekerasan, dan narkotika, dengan itu kita juga akan bisa menyelamatkan Indonesia dari berbagai ancaman,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Lebih lanjut Kolonel Sus Kodrat Maliki, mengatakan bahwa TNI AU, selain mempunyai tugas pokok sebagai penjaga kedaulatan matra udara Indonesia, juga membina potensi dirgantara serta mengembangkan dan mengoptimalkan potensi dirgantara.

“Oleh karena itu, TNI AU wilayah radar 214, mempunyai tugas membina generasi muda di wilayahnya untuk mengembangkan aspek dan potensi dirgantara untuk bisa membantu dan mendukung tugas pokok TNI AU dan mempunyai kesadaran untuk bela negara,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Bahwa bela negara, menurut dia merupakan tanggung jawab semua warga negara, dalam ikut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ia menambahkan, penyelenggaraan Penataran Kesadaran Bela Negara, dimaksudkan untuk meningkatkan dan mewujudkan warga negara yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang mampu mengedepankan kepentingan bersama dengan dilandasi rasa cinta tanah air serta kesadaran bela negara yang tinggi.

Generasi muda harus mampu bersaing dengan generasi muda negara lain, memiliki soft skills yang baik, memiliki kepribadian yang kreatif, aktif, dan inovatif, sehingga mampu menghadapi dinamika persaingan global yang semakin ketat.

Sementara itu, Bupati Batang, Wihaji mengatakan bahwa bela negara merupakan salah satu upaya pertahanan dan pembelaan negara, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara baik dalam menghadapi serangan fisik maupun non fisik yang dapat mengancam kedaulatan negara dan kemajuan bangsa.

“Generasi Muda Kabupaten Batang yang saat ini memiliki keahlian dan prestasi di bidangnya itu adalah juga salah satu bentuk dari Bela Negara,” terangnya.

Maka, bagi anak masih sekolah atau pun kuliah harus memiliki soft skills yang baik, memiliki kepribadian yang kreatif, aktif dan inovatif sehingga mampu menghadapi dinamika persaingan global yang semakin ketat.

Ia berharap, generasi muda agar hendaknya berfikiran terbuka, kuasai teknologi dan peradaban dunia, perlebar jaringan dan wawasan global, berprestasi maksimal sesuai bidangnya dengan tidak meninggalkan jati diri bangsa. (HS-08)