Rangkul Petani, Kodim 0715/Kendal Ubah Puluhan Hektare Lahan Tidur Menjadi Produktif

BATANGPOS.COM, KENDAL – Kodim 0715/Kendal bersama warga buka lahan tidur menjadi produktif dengan menanam benih jagung di lahan Asrama eks 408 Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Kendal, Kamis (07/07/22).

Hal ini dilakukan dalam rangka membantu upaya pembinaan wilayah dan ketahanan pangan di Kabupaten Kendal.

Acara dibuka oleh Komandan Kodim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii dengan ditandai penyerahan bantuan berupa benih jagung dan alat pertanian secara simbolis kepada warga dan anggota Kodim 0715/Kendal.

Mengutip pengarahan dari KASAD saat apel Dansat beberapa waktu lalu, Dandim Kendal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat melalui penanaman bahan pangan berupa padi atau jagung.

“Dengan adanya produksi pangan maka akan mampu menjaga ketersediaan pangan yang cukup untuk rakyat Indonesia atau bahkan mampu surplus,” kata Letkol Inf Jenry Polii.

Dandim 0715/Kendal juga menambahkan bahwa rencananya ada sekitar 20 hektare lahan tidur yang akan diaktifkan untuk penanaman tanaman pangan di seluruh Kabupaten Kendal.

“Kita bekerja sama dengan petani dan nanti akan dibantu para babinsa, sedangkan hasil panen sepenuhnya nanti akan diserahkan untuk para petani,” ungkap Dandim Kendal.

Sementara, salah seorang warga yang membantu penggarapan lahan tidur, Untung berharap, bantuan yang diberikan mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf ekonomi masyarakat.

Selain itu, saat proses penanaman hingga panen nanti tidak ada kendala. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan.

“Terima kasih kepada bapak KASAD, bapak Pangdam, dan bapak Danrem, yang melalui pihak Kodim 0715/Kendal telah menyalurkan bantuan berupa bibit dan alat pertanian kepada kami,” ungkapnya. (HS-06)