Resmikan Gedung RSIA NU di Cepu, Bupati Blora : Rasanya seperti Mimpi

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Kehadiran Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nahdlatul Ulama (NU) Cakra Medika, menambah fasilitas kesehatan sekelas rumah sakit di wilayah tersebut.

Di rumah sakit tersebut terdapat tiga gedung untuk pelayanan rawat inap kelas 1, 2, 3; ruang IGD; ruang operasi; ruang PICU/NICU; ruang perawat; perkantoran dan lainnya.

“Bismillahirrahmanirrahim, rasanya seperti mimpi, bisa mengaktifkan kembali RS NU Cepu yang dahulu diresmikan Gus Dur, dan kini menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) NU Cakra Medika Cepu,” kata Bupati Blora H Arief Rohman, meresmikan rumah sakit di Jalan Gadjah Mada nomor 11A Turibang, Kecamatan Cepu, tersebut, belum lama ini.

Peresmian dilakukan Bupati dengan penandatanganan batu prasasti, dan dilanjutkan dengan pemotongan untaian bunga melati yang ada di pintu lobi rumah sakit. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan santunan untuk anak yatim piatu dari sejumlah panti asuhan yang ada di Kecamatan Cepu.

Bupati menuturkan, RS NU ini sejarahnya berdiri tahun 2002 dan pernah menjadi poliklinik hingga rumah bersalin. Namun setelah beroperasi beberapa tahun, kemudian berhenti dan mangkrak.

Ide pengaktifan kembali rumah sakit ini, bermula tahun lalu seusai ziarah ke Jombang. Ide itu kemudian diupayakan bersama, agar RS NU yang mati suri ini bisa diaktifkan kembali.

Pada September 2021, Bupati meninjau rumah sakit itu dan pembangunan pun dimulai, hingga pada April 2022, gedung selesai diperbaiki dan dibangun ulang, untuk selanjutnya diresmikan.

“InshaAllah setelah gedungnya jadi, semoga fasilitas dan peralatan medisnya bisa segera dilengkapi. Begitu juga kebutuhan SDM kesehatan nya. Tadi kita sudah lihat langsung ada beberapa dokter muda berprestasi yang hadir di sini. Bahkan ada juga dokter Faisal, spesialis kebidanan dan kesehatan kandungan, dokter senior yang dahulu juga aktif di RS NU Cepu. Semoga bulan depan bisa dilakukan grand launching operasional RSIA NU Cakra Medika,” kata Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Pengurus MWCNU Cepu, para investor, dan stakeholder yang terlibat dalam pengaktifan kembali rumah sakit ini.

“Kami berharap pelayanan yang terbaik bisa diberikan kepada masyarakat, sehingga kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Blora semakin meningkat dan semakin lengkap dengan hadirnya RSIA NU Cakra Medika Cepu. Semangat Sesarengan mBangun Kesehatan Blora,” kata Bupati.

Sementara itu, konsultan RSIA NU Cakra Medika, dr Muhammad Ihsan Akbar MPH, mengatakan RSIA NU Cakra Medika Cepu saat ini masih kategori RS kelas C. Namun demikian pihaknya bertekad akan terus meningkatkan pelayanan dan dikembangkan fasilitasnya menjadi rumah sakit yang profesional.

“Peralatan dan sejumlah fasilitas akan segera kami lengkapi. InshaAllah grand launching operasional RSIA NU Cakra Medika akan kita lakukan bulan depan. Harapannya tidak hanya melayani masyarakat Cepu Blora saja, namun juga masyarakat Bojonegoro dari Padangan, Kasiman, dan sekitarnya,” kata dia.

Usai peresmian, Bupati dan Wakil Bupati, dengan dipandu dr. Fachrurozi Irsyad, MM., melakukan tinjauan sejumlah ruangan medis dan kamar rawat inap yang telah disiapkan untuk pelayanan kesehatan. Termasuk melihat unit kendaraan ambulans yang telah disiapkan di depan pintu IGD. (HS-08).