Sebulan Lebih Banjir Rob Serang Bandengan dan Karangsari Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Sebulan lebih banjir rob telah menggenangi Kelurahan Bandengan dan Karangsari di Kecamatan Kendal. Tak hanya jalan, banjir akibat air laut pasang tersebut juga masuk ke rumah-rumah warga.

Banjir rob naik ke permukiman warga diperkirakan sekitar pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dengan ketinggian rata-rata 40-60 sentimeter.

Akibatnya setiap hari saat rob surut warga harus menguras air yang masuk ke rumah, dengan cara manual menggunakan alat pel maupun sapu.

Namun pada hari ini, Kamis (12/5/2022) sekira pukul 15.00 WIB, banjir rob terpantau belum ada kenaikan yang signifikan.

Lurah Karangsari, Gatot Tunggul Wulung mengatakan, banjir rob di wilayahnya beberapa waktu lalu memang sempat parah.

Ia pun mengaku, selama ini sudah mengajukan kepada pemerintah daerah untuk bisa memberikan bantuan kepada warga yang terdampak rob.

“Kemarin sebelum lebaran sudah dapat dari Bupati lewat Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal sebanyak 3.570 kilogram. Kemudian paket sembako menjelang lebaran sebanyak 250 paket dari Kosgoro/Golkar dan bantuan zak dari PUPR dan BPBD,” ungkap Tunggul.

Dirinya berharap, proyek skala nasional di Bandengan dan Karangsari bisa mengurangi dampak rob, yang berakibat kepada kesan kumuh kedua wilayah tersebut.

“Sehingga di kawasan Kelurahan Bandengan dan Karangsari bisa terlepas dari kesan wilayah kumuh dan bisa bebas dari banjir rob, dengan adanya pembangunan tanggul tersebut,” harap Tunggul.

Sementara menurut keterangan salah seorang warga RW 5 Kelurahan Karangsari, Rahman Haris, banjir air pasang atau biasa disebut rob mulai datang sekitar pukul 14.00 WIB.

“Sedangkan puncak ketinggian mulai pukul 16.00 WIB dan mulai surut pukul 21.00 WIB. Hal tersebut sudah berlangsung setiap hari sejak dulu,” ungkapnya. (HS-06).