Setelah 35 Tahun Rusak, Jalan Di Kendal Ini Akhirnya Diperbaiki

BATANGPOS.COM, KENDAL – Kondisi jalan rusak Biting – Cening yang menghubungkan wilayah Kecamatan Limbangan dan Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal sejauh 2,8 kilometer mulai diperbaiki. Pembangunan dilakukan di tiga titik, yang dikerjakan mulai awal bulan Juni 2022.

Salah satu titik berada di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, yang mengalami longsor sepanjang 50 meter, dengan kedalaman enam meter.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiono menjelaskan, selain perbaikan dengan konstruksi cor beton, juga dilakukan perbaikan jembatan dan sepuluh titik gorong-gorong.

“Kondisi terparah ada di Dusun Watulawang, yang sudah beberapa kali mengalami longsor. Untuk itu pengerjaan bagian bawah berupa bor pile, yang di atasnya berupa talut beton,” jelasnya, Senin (6/6/2022).

Dikatakan, di bawah jalan tersebut ada sumber air. Sehingga bisa menggerakkan tanah ke tempat yang lebih rendah. Menurut Sugiono, nantinya sumber air akan dibuatkan saluran, tidak melalui badan jalan. Supaya jalan tersebut tidak selalu basah.

“Jalan ini pernah dibangun tahun 2019, kemudian pada tahun 2021 terjadi longsor, dengan kedalaman longsor sekitar enam meter, dan panjang sekitar 50 meter,” ungkap Sugiono.

Kepala Desa Cening, Kecamatan Singorojo, Budi Raharjo mengaku bersyukur dengan adanya pembangunan jalan. Menurutnya, sudah 35 tahun jalan Cening menuju Biting kondisinya rusak. Bahkan bisa dikatakan kondisinya tidak lagi bisa disebut jalan tetapi lebih tepat dikatakan bagaikan sebuah sungai kering.

“Saya mewakili warga, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, yang mewujudkan perbaikan jalan Biting-Cening ini. Semoga dengan pembangunan ini, ekonomi warga kami meningkat, karena jalan jadi baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, masih ada sekitar 13 persen infrastruktur di Kabupaten Kendal yang kondisinya rusak.

“Target kami, di tahun 2022 ini, bisa memperbaiki sampai sembilan persen. Sisanya akan diperbaiki tahun 2023 nanti. Sehingga seluruh infrastruktur di Kabupaten Kendal, kondisinya sudah baik,” ujarnya saat meninjau kondisi jalan Biting-Cening.(HS)