Setelah Vakum Sembilan Tahun, Ajang MTQ di Kendal Kembali Digelar

BATANGPOS.COM, KENDAL – Sempat vakum selama sembilan tahun, ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kembali digelar dua hari di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal, Senin (30/5/2022) hingga Selasa (31/5/2022).

Sedikitnya 400 peserta yang mengikuti MTQ XXIX tingkat Kabupaten Kendal, yang dibuka oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Senin (30/5/2022) dan ditutup hari ini, Selasa (31/5/2022)

Ketua Lembaga Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kendal, Sugiyono mengatakan, setelah sembilan tahun sempat vakum, pada tahun 2022 ini MTQ kembali digelar.

“Dengan adanya MTQ ini, diharapkan muncul bibit-bibit Tilawatil Quran, yang bisa mewakili Kabupaten Kendal dalam ajang MTQ tingkat nasional,” ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Dijelaskan, cabang lomba meliputi cabang Tilawatil Quran kelompok anak, remaja, hingga dewasa.

“Cabang hafalan Al-Quran golongan satu juz dan tilawah, serta golongan lima juz dan tilawah. Kemudian cabang tafsir Al-Quran dan Cabang Seni Al-Quran,” beber Sugiyono.

Ditambahkan, peserta dari Kabupaten Kendal pada beberapa terakhir ini belum masuk tiga besar di tingkat provinsi.

“Selama ini di tingkat Jawa Tengah baru sekadar partisipasi, belum masuk tiga besar, maka dengan adanya ajang MTQ tingkat daerah ini, pembinaan bibit-bibit yang berpotensi bisa lebih masif,” imbuh Sugiyono.

Sementara itu, Plt Kepala Bagian Kesra Setda Kendal, Izzudin Latif mengatakan, penyelenggaraan ajang MTQ ini kerja sama Pemkab Kendal dengan LPTQ Kendal. Dengan adanya MTQ, akan membumikan Al-Quran di Kabupaten Kendal dan mencari bibit-bibit yang bisa berprestasi di tingkat nasional.

“Dengan adanya LPTQ ini besar harapan kami, bisa meraih prestasi pada MTQ tingkat nasional di Banjarmasin pada September nanti,” terang Latif.

Salah satu peserta Kejuaraan MTQ tingkat anak-anak asal Kecamatan Weleri, siswi Kelas V sekolah dasar, Asyahafna Faihana mengaku, dirinya baru kali ini mengikuti MTQ ini.

“Untuk persiapan saya, paling matang hanya sehari. Namun tiga bulan sebelumnya saya sudah berlatih dan dibimbing oleh Pak Ustaz,” ungkap Faihana.(HS)