Soal Jalan Masjid Bandengan, Kepala DPUPR Kendal: Tahun Ini Tuntas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Pembangunan Jalan Masjid Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, akan segera dilaksanakan dan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2022 ini.

Hal tersebut disampaikan Pj Sekda Kendal yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kendal, Sugiono, kepada awak media, Kamis (11/8/2022).

Menurut Sugiono, untuk pengerjaan jalan masjid Kelurahan Bandengan sudah dianggarkan melalui APBD perubahan 2022. Diungkapkan, jalan di Kelurahan Bandengan adalah program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang dikerjakan sampai gapura pertigaan antara jalan laut dan jalan masjid.

Sementara, dari gapura pertigaan ke selatan, yakni jalan masjid dan jalan laut, menggunakan anggaran APBD perubahan. “Kita kolaborasikan (antara program KOTAKU dengan anggaran perubahan). Untuk lelang Jalan Masjid sudah selesai dan Insya-Allah tuntas tahun ini,” ungkap Sugiono.

Sedangkan untuk jalan laut ke selatan, sampai saat ini belum tuntas dan masih dalam proses. “Kita utamakan dari utara sampai depan Kantor DPUPR Kendal dan depan RSUD Dr Soewondo Kendal,” imbuh Sugiono.

Dijelaskan, untuk proyek pembangunan KOTAKU berakhir tahun ini, yang merupakan program multi-years dari tahun 2021.

Sedangkan KOTAKU dana dari Kementerian PU langsung, yang terdiri dari pembebasan tanah dan pengadaan tanahnya dari Kabupaten Kendal, kemudian untuk fisiknya dari Kementerian PU.

“Nanti ada tanggul laut sepanjang muara sungai Kendal di Bandengan, kemudian muter ke timur ketemu Kali Glodog, Kelurahan Karangsari untuk mengurangi dampak banjir,” jelasnya.(HS)