Sosrokartono, Sosok Penting di Balik Perjuangan Kartini

 

BATANGPOS.COM, JEPARA – Dalam kehidupan RA Kartini, sosok sang kakak, yakni Raden Mas Panji (RMP) Sosrokartono, ternyata memberikan pengaruh besar. Putra dari pasangan Raden Mas Adipati Aria (RMAA) Sosroningrat (Bupati Jepara tahun 1881 – 1905) dan Nyai Ajeng Ngasira ini, memiliki peran penting di balik kesuksesan RA Kartini, dalam mengukir sejarah perjuangan bangsa.

Hal itu mengemuka dalam seminar “Raden Mas Panji Sosrokartono: Sang Mandor Klungsu yang Mendunia”, baru-baru ini di aula Museum RA Kartini Jepara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza, yang mewakili Bupati Jepara membuka seminar tersebut, mengatakan tercatat dalam sejarah, ajaran-ajaran RMP Sosrokartono tentang agama, pendidikan, serta nasionalisme tak kalah luar biasa dibanding pemikiran sang adik.

RMP Sosrokartono adalah seorang wartawan perang, yang menguasai banyak bahasa asing. Kakak RA Kartini ini, juga mempunyai kemampuan sebagai tabib.

“Beliau merupakan orang yang mempunyai peran penting dalam perjuangan RA Kartini,” kata dia, seperti dirilis Jepara.go.id.

Dia berharap melalui kegiatan yang juga disiarkan langsung lewat akun Instagram @museumkartinijpr ini, berbagai pemikiran dan semangat RMP Sosrokartono, dapat menjadi spirit warga Jepara.

Selain itu juga membangkitkan kembali rasa syukur serta bangga terhadap Jepara, karena dari daerah ini lahir banyak sosok luar biasa. Dalam sejarah, selain RA Kartini dan RMP Sosrokartono, ada pula sosok Ratu Kalinyamat.

“Warga Jepara patut berbangga mempunyai tokoh-tokoh hebat yang bisa dijadikan inspirasi maupun teladan,” kata dia.

Seminar itu diikuti lebih kurang 60 peserta, terdiri atas pelajar, guru, mahasiswa, komunitas pemerhati sejarah, dan media. Narasumber yang dihadirkan adalah Asri Miminingtyas dari keluarga RMAA Sosroningrat, dan Dosen sejarah Undip Semarang Dr Alamsyah.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan ke-143 Hari Kartini, dan juga bertepan dengan HUT ke-45 Museum RA Kartini Jepara. (HS-08)