Stunting Masih Tinggi di Brebes, Bupati Bentuk TPPS

 

BATANGPOS.COM, BREBES – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), dengan ketua Wakil Bupati Narjo SH MH. Tim tersebut dibentuk, karena kasus stunting di Kabupaten Brebes masih tinggi, sehingga perlu dilakukan langkah konkret untuk menurunkannya.

Bupati Idza mengatakan hal tersebut, dalam pengukuhan Pengurus TPPS Kabupaten Brebes, di Pendopo Brebes, Rabu (29/6).

Menurut dia, TPPS beranggotakan lintas sektor, dibentuk untuk ditingkat Kabupaten dan Kecamatan. Tim bersinergi dalam upaya pencegahan dan penurunan kasus stunting di Kabupaten Brebes.

Lebih lanjut Idza menjelaskan, sebagaimana termuat dalam Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2021-2024, terdapat Lima Pilar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting.

Masing-masing adalah peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian atau lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten dan kota, serta pemerintah desa.

Selain itu juga peningkatan komunikasi untuk mengubah perilaku dan memberdayakan masyarakat.

Juga meningkatkan konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif, di kementerian serta lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten dan kota, serta pemerintah desa.

Selain itu juga peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat, serta penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.

Untuk menjalankan semua pilar tersebut, Pemkab Brebes membentuk TPPS yang diisi oleh berbagai elemen lintas sektor. Seluruh elemen diharapkan dapat bekerja sama dalam penurunan stunting di Kabupaten Brebes, dengan aksi nyata di sektor masing-masing.

“Dikukuhkannya TPPS semoga mampu menekan prevalensi stunting di Kabupaten Brebes, sehingga mampu terus turun di bawah target nasional dan bahkan hingga nol persen kasus,” kata Bupati, seperti dirilis brebeskab.go.id.

Ketua TPPS, yang juga Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, mengatakan perlunya dukungan dan kerja sama dari seluruh anggota tim. Kerja sama ini harus ada semangat pengabdian yang ikhlas dalam melaksanakan amanah. Semua elemen yang terlibat, harus benar-benar kerja nyata untuk menuai hasil berupa penurunan angka kasus stunting.

“Saya tidak ingin cuma dibentuk dan dikukuhkan tanpa tindak lanjut melalui kerja nyata, mari turun kebawah bergerak bersama untuk mengatasi stunting,” ajak Narjo penuh semangat.

Sesuai lampiran Surat Keputusan Bupati Brebes Nomor 050/110 Tahun 2022 tentang Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Brebes, tercata sebagai Pengurus TPPS antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH sebagai Ketua, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT Wakil Ketua, Kepala Baperlitbangda Drs Apriyanto Sudarmoko Wakil Ketua, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes Sri Legiastuti Narjo Wakil Ketua, Kepala DP3KB dr Sri Gunadi Parwoko MKes sebagai Sekertaris, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati sebagai Kordinator. (HS-08)