Sungai Lama Tak Dikeruk, Beberapa Kelurahan di Kendal Kembali Terkena Banjir

BATANGPOS.COM, KENDAL – Banjir akibat luapan Sungai Kendal kembali terjadi di beberapa kelurahan di Kecamatan Kendal, Senin malam (6/6/2022) hingga Selasa pagi (7/6/2022).

Banjir yang menjadi langganan warga di Kecamatan Kendal tersebut terjadi akibat dari pendangkalan Sungai Kendal.

Terpantau, banjir selain menggenangi jalan, juga memasuki pemukiman warga dan sekolah, dan yang terparah terjadi di Kelurahan Langenharjo.

Banjir menggenangi jalan setinggi 40 – 50 sentimeter. Bahkan air juga masuk di rumah-rumah warga.

Salah seorang warga Langenharjo, Tatik mengaku, banjir terjadi saat hujan deras semalam, Senin (6/6/2022), sekira pukul 23.00 WIB.

“Kemarin kan hujan deras, lha sekitar jam sebelas malam mulai banjir datang. Banjir ini yang terbesar terjadi. Ini parah sekali. Karena pendangkalan sungai yang tanahnya sudah tinggi di sungai,” ujarnya.

Tatik menambahkan, bukan hanya rumah penduduk saja yang kemasukan air, bahkan Sekolah Dasar Langenharjo juga tak luput dari banjir.

“Kami minta perhatian dari pemerintah daerah untuk mengeruk sungai Kendal. Karena banjir bukan hanya karena hujan saja, tapi juga banjir kiriman. Kalau sungai sudah dikeruk, otomatis sungai bisa menampung air banyak dan tidak meluap,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 1 Langenharjo, Rusiyam mengatakan, biasanya banjir hanya menggenangi halaman dan jalan menuju sekolah. Namun kali ini banjir hingga masuk kelas-kelas di sekolah.

Disebutkan, untuk proses belajar mengajar pada hari ini hanya diikuti kelas satu sampai lima dan dipulangkan lebih awal. Karena para siswa hanya mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

“Tadi kan kelas satu sampai lima sedang PAT, jadi dipulangkan lebih awal, karena kondisi seperti ini, takut kalau anak-anak jadi sakit. Kalau kelas enam kan sudah ujian, jadi tidak masuk,” ujarnya.

Dijelaskan, air yang masuk ke kelas sekitar 3 – 5 sentimeter. Padahal lokasi sekolah sudah ditinggikan dan dipavingisasi.

“Ini banjir yang terbesar. Selain hujan deras juga mungkin banjir kiriman, juga pendangkalan sungai yang semakin tinggi. Semoga banjir segera surut,” ungkapnya.

Selain Kelurahan Langenharjo, banjir juga terpantau di beberapa kelurahan, diantaranya Karangsari, Ngilir, Bandengan, Pegulon, Patukangan dan Pekauman. (HS-06)