Tak Melaksanakan Open House, Ini Yang Dilakukan Wakil Bupati Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, atau yang lebih akrab disapa Pakde Bas memang sangat merindukan momen perayaan Idul Fitri bersama warga. Namun karena masih dalam situasi pandemi dan sesuai arahan pemerintah pusat, maka untuk tahun ini dirinya belum menggelar open house di kediamannya.

Hal tersebut ia sampaikan, saat mengunjungi rumah Keluarga Mirhoni dan Solekhah, petani dan pedagang jagung di Dusun Dadapan, Desa Singorojo, Kecamatan Singorojo, Jumat malam (6/5/2022).

Dikatakan, di hari pertama Lebaran Pakde Bas hanya menerima kunjungan unsur Pemerintahan dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kendal, serta perwakilan elemen masyarkat dan tokoh agama maupun masyarakat.

Kemudian di hari keempat setelah Lebaran ini, tanpa ada rencana ia memutuskan untuk menemui warga di Desa Singorojo. Menurut Pakde Bas, ketika warga belum diperkenankan untuk datang open house di kediamannya, ia memilih untuk mengunjungi warga.

“Dengan mengunjungi satu per satu rumah warga, tentu tidak akan terjadi keramaian seperti ketika digelar open house. Daripada warga datang ke kita, lebih bagus kita datang ke masyarakat untuk Lebaran. Selain bertatap muka, juga menjaga silaturahmi bersama warga,” jelasnya.

Dikatakan, Idul Fitri artinya kembali kepada fitrah selepas sebulan penuh berpuasa, dan identik digunakan sebagai ajang untuk bersilaturahmi. Hal ini guna mempererat tali persaudaraan guna mewujudkan fondasi kesatuan dan persatuan yang dilandasi oleh nilai kebangsaan dan keimanan.

“Atas nama pribadi, keluarga beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Taqabbalallaahu minna waminkum. Mohon maaf lahir dan bathin,” ujarnya.

Pakde Bas juga berpesan kepada masyarakat Desa Singorojo untuk tetap menjaga silaturahmi, dan menumbuhkan semangat saling membantu di antara sesama manusia.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala dapat menerima amal ibadah puasa dan ibadah-ibadah kita di bulan Ramadan, serta senantiasa melimpahkan rahmat dan ridha-Nya kepada kita selaku umatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Mirhoni selaku tuan rumah mengaku merasa sangat terharu, dengan kunjungan Wakil Bupati Kendal di libur Lebaran tahun ini. Dirinya dan juga warga yang hadir pun berjanji akan selalu mendukung program-program pembangunan oleh pemertintah di desanya tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kunjungan Pakde Bas. Meski dulu sudah pernah berkunjung ke sini, Alhamdulillah, di momen Lebaran ini, beliau kembali mengunjungi rumah kami. Mudah-mudahan beliau selalu dalam keadaan sehat selalu,” ungkap Mirhoni.

Acara anjansana dalam rangka halal bi halal yang digelar secara sederhana tersebut, diakhiri dengan ramah-tamah dan makan malam bersama.(HS)