Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa, TK Pelita Hati Dapat Apresiasi Bunda PAUD Kota Tegal

 

BATANGPOS.COM, TEGAL – Bunda PAUD Kota Tegal, Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon memberikan apresisasi pada TK Pelita Hati, yang telah menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika kepada para anak didiknya.

Hal itu disampaikan Roro, ketika menghadiri Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Bhinneka Tunggal Ika”, yang diadakan TK Pelita Kota Tegal di Yogya Mall Tegal, Rabu (8/6).

Acara tersebut diikuti seluruh peserta didik TK Pelita Hati, yang saat itu mengenakan baju adat daerah di Indonesia.

Hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Kepala Sekolah Penggerak di Kota Tegal, dan dari Korwil Tegal Timur.

Menurut dia, menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak, merupakan upaya untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada Tanah Air. Hal itu juga untuk memberikan pemahaman, bahwa keberagaman dan perbedaan bukan penyebab perpecahan, melainkan untuk dipersatukan.

Keberagaman di negeri ini, termasuk lagu-lagu dan pakaian adat Nusantara, juga merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan.

Dengan memiliki pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai Pancasila, anak-anak juga diajari untuk tidak melakukan kekerasan. Dengan demikian mereka tidak melakukan perundungan kepada anak-anak lain.

Kepala TK Pelita Hati, Evin Indarini, seperti dirilis tegalkota.go.id, mengatakan acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pancasila, yang jatuh pada 1 Juni 2022.

Pengenalan adat, budaya, dan nilai-nilai Pancasila diperlukan, agar anak-anak merasa bangga, menjadi bagian dari generasi penerus Indonesia. Dia berharap, anak-anak itu akan tumbuh cerdas, berkarakter, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Ketua Yayasan TK Pelita Hati Indonesia Titik Handayani menambahkan akan pentingnya Pancasila bagi anak-anak sejak usia dini.

Hal tersebut perlu ditanamkan, karena nantinya mereka akan menjadi generasi penerus yang akan membuat Indonesia semakin hebat.

Nilai Pancasila akan membuat anak-anak semakin bangga dan semakin mencintai NKRI. Kelak, sumbangsih apapun, baik ilmu, pengetahuan, karya ataupun produk yang luar biasa dari mereka adalah untuk negeri Indonesia. Bukan malah sebaliknya, sesuatu yang luar biasa, justru diberikan untuk negara lain. (HS-08)