Tanding Uji Coba, Tim Sepakbola Pelajar Kendal Kalahkan Pekalongan 3 – 2

BATANGPOS.COM, KENDAL – Tim sepakbola pelajar Kabupaten Kendal berhasil menang tipis 3 – 2 dalam pertandingan uji coba melawan tim sepakbola pelajar Kabupaten Pekalongan yang digelar di Stadion Utama Kendal, Minggu sore (15/5/2022).

Pada babak pertama, tuan rumah lebih dominan menguasai bola hingga unggul 2 – 0.

Namun pada babak kedua, tim tamu berbalik yang lebih dominan menguasai bola, hingga membalas kekalahan dengan memasukan dua gol.

Menjelang menit-menit terakhir, barulah permainan anak-anak Kendal menunjukkan kekuatannya, dan berhasil menambah satu gol, sehingga skor menjadi 3-2 hingga pertandingan berakhir.

Berdasarkan pengalaman bertanding, kedua tim pelajar tersebut memiliki prestasi yang sama.

Tim Kabupaten Kendal merupakan juara pertama Popda tingkat eks Karesidenan Semarang tahun 2020, sedangkan tim Kabupaten Pekalongan merupakan juara pertama Popda eks Karesidenan Pekalongan tahun 2019.

Pada tahun 2020 dan 2021 tidak digelar Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah, karena kondisi pandemi Covid-19.

Asisten pelatih Kendal, Ahmad Farikhun mengatakan, tim ini dibentuk untuk menghadapi pertandingan Popda tingkat Karesidenan Semarang yang dijadwalkan mulai 6 Juni 2022 mendatang.

Sebagai persiapan, untuk sementara melakukan latihan rutin empat kali dalam seminggu, kemudian mendekati masa pertandingan rencananya akan dilakukan karantina pemain selama satu minggu.

Pertandingan uji coba ini yang pertama kali dilakukan sejak tim terbentuk. Rencananya akan melakukan pertandingan uji coba dengan tim yang berbeda, satu atau dua kali lagi.

“Ya paling tidak, satu kali kita harus melakukan pertandingan uji coba lah,” ujar Ahmad Farikhun.

Dikatakan, berdasarkan catatan pelatih Rudy Hartanto, dari hasil pertandingan ini penguasaan bola anak-anak Kendal sekitar 55 persen, atau lebih unggul dari tim Kabupaten Pekalongan.

Hasil evaluasi ini akan dijadikan catatan supaya bisa meningkatkan kemampuan permainan tim secara menyeluruh.

“Waktu yang singkat ini untuk memaksimalkan latihan supaya di Popda tahun ini sesuai yang diharapkan, yaitu bisa juara,” harapnya.

Kepala Bidang Olahraga pada Disporapar Kabupaten Kendal, Ali Supriyanto berharap kepada manajer dan pelatih untuk bisa meningkatkan kualitas pemain, baik dari segi teknik, fisik, taktik, termasuk sikap mental pemain.

Karena menurutnya, pengalaman bertanding untuk anak-anak usia remaja cenderung masih labil dan memiliki ego yang tinggi.

“Perlu ditekankan permainan tim yang solid. Manajer dan pelatih kami harap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meningkatkan kualitas tim,” tandas Ali. (HS-06).