Tangani Banjir, Drainase di Kebumen Dibangun Tahun Ini

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen, tahun ini akan membangun infrastruktur drainase untuk mengatasi masalah banjir yang sering melanda wilayah perkotaan.

Hal itu diungkapkan Bupati Arif Sugiyanto, pada acara halalbihalal bersama pengurus dan anggota Partai Golkar, Minggu (8/5).

“Wajah Kebumen itu bisa dilihat dari kotanya. kalau kotanya saja banjir, semrawut, maka orang enggan berkunjung ke Kebumen. Jadi kota ini harus ditata betul, agar telihat rapih, indah, dan nyaman,” kata dia, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Dia mengatakan tahun ini akan dimulai pembangunan drainase di sepanjang koridor jalan satu arah.

“Jadi perlahan, kita tata dan kita perbaiki infrastrukturnya, terutama wilayah-wilayah yang menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi,” tambah Bupati.

Perbaikan infrastruktur di kawasan pusat perekonomian, juga merupakan bagian dari upaya mengatasi persoalan kemiskinan. Dengan infrastruktur yang baik, Pemkab berusaha menarik investor agar mau membuka usaha di Kebumen.

“Investor pasti akan melihat wajah kotanya dulu, kalau sering banjir, pasti tidak tertarik. Makanya kita segera perbaiki, dan Alhamdulillah sudah ada investor dari luar yang akan mendirikan pabrik sarung tangan di Kebumen. Shrimp Estate pada bulan ini juga akan mulai dibangun,” kata Bupati.

Adanya jalan satu arah, kata Bupati juga masuk dalam program penataan kota. Tujuannya agar perekonomian semakin tumbuh dan tidak terpusat di Jalan Soekarno-Hatta, yang dulu bernama Jalan Pahlawan. Dampak positifnya pun dirasakan oleh para pedagang kaki lima (PKL).

“Kemarin waktu halalbihalal dengan para pedagang PKL alun-alun, sudah saya minta mana saja pedagang yang jualan sepi dan ramai karena dampak jalan satu arah. Ternyata Alhamdulillah, PKL yang jualannya tambah ramai lebih banyak. Yang menurun karena posisinya ada di tikungan. Tentu akan kami data dan didorong agar tambah ramai,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar, Halimah Nurhayati menambahkan, sebagai partai pengusung, pihaknya pun mendukung kebijakan Bupati. Karena bagaimana pun, Golkar juga diberi amanah untuk membantu masyarakat melalui wakil-wakilnya.

“Jadi apa yang sudah menjadi kebijakan Bupati, tentu kita sebagai partai pengusung akan memberikan dukungan. Karena saya yakin, apa yang dilakukan Bupati tentu muaranya adalah untuk kesejahetaraan rakyat. Ini juga menjadi tujuan dan amanah partai Golkar,” tandasnya. (HS-08)