Targetkan Ratusan Ribu Anak Diimunisasi, Bupati Rembang Minta Puskesmas hingga Dokter Swasta Ikut Bergerak

 

BATANGPOS.COM, REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang, dalam dua bulan ke depan, menargetkan ratusan ribu anak dapat divaksin, dalam bulan imunisasi anak nasional (BIAN). Untuk mencapai target, puskesmas hingga dokter swasta diminta ikut bergerak.

Adapun vaksin yang diberikan, adalah vaksin Campak untuk 34 ribu anak, vaksin polio dan rubela pada 78 ribu anak, dan vaksin polio pada 19 ribu penerima.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz, dalam pencanangan BIAN, Kamis (2/6/2022), di Balai Desa Waru, Kecamatan Rembang, mengatakan sasaran program BIAN adalah anak berusia 9 sampai 59 bulan.

“Supaya diperhatikan anak-anak yang usia 9 sampai 59 bulan. Tidak diperhitungkan imunisasi-imunisasi sebelumnya. Pokoknya 9 sampai 59 bulan, harus mengikuti imunisasi yang dicanangkan ini, kata dia, seperti dirilis Rembangkab.go.id.

Bupati meminta semua fasilitas kesehatan di Rembang mulai dari puskesmas, dan klinik, dokter swasta, posyandu supaya bergerak bersama-sama. Dengan bergerak bersama maka target yang direncanakan lebih mudah terpenuhi.

“Kalau ini dibebankan kepada puskesmas saja tidak mungkin terpenuhi. Sehingga posyandu, klinik, dokter-dokter swasta, ikut andil di dalam menyukseskan vaksinasi ini,” tuturnya.

Bupati menjelaskan dengan adanya program BIAN banyak manfaat yang didapat. Sejumlah manfaat tersebut yaitu mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, polio, pertusis (batuk rejan), rubela, difteri, hepatitis B, pneumonia (radang paru), dan meningitis (radang selaput otak). (HS-08)