Terkena Ledakan saat Meracik Mercon, Warga Kabupaten Semarang Meninggal

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Warga Desa Lanjan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang dibuat kaget dengan suara ledakan yang bersumber dari salah satu rumah warga setempat pada Rabu (27/4/2022) malam.

Ledakan itu diketahui berasal dari rumah Barep Sasmita (21) warga RT 02 RW 02. Kejadian yang terjadi sekira pukul 22.15 WIB itu mengakibatkan pemilik rumah mengalami luka parah dan satu rekannya yakni Ismanto (26) mengalami luka bakar cukup parah.

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika saat meninjau lokasi kejadian menyampaikan satu korban yakni pemilik rumah harus meregang nyawa saat menjalani perawatan di RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa.

“Luka yang diderita cukup parah sehingga nyawanya tidak tertolong saat dirawat di rumah sakit,” ungkapnya, Kamis (28/4/2022).

Dijelaskan Yovan, kejadian bermula saat kedua korban meracik obat mercon untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah. Namun saat meracik mercon, korban terkena ledakan hingga meninggal dunia.

“Dimungkinkan ada kesalahan dalam pembuatan atau meracik obat mercon tersebut sehingga terjadi ledakan di lokasi kejadian,” ujarnya, Jumat (29/4/2022).

Untuk lokasi kejadian, masih lanjut Yovan, sudah disterilkan. Sementara satu korban lainnya saat ini tengah menjalani perawatan intensif di daerah Kendal. Pihaknya mengimbau kepada warga Kabupaten Semarang agar tidak meracik, mengedarkan atau menggunakan mercon sebagai sarana di bulan Ramadan maupun saat perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Mari hindari hal-hal yang bisa mengancam keselamatan. Jangan sampai momen lebaran yang seharusnya bergembira justru jadi momen yang menyedihkan,” imbuhnya. (HS-06)