Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Kendal Akan Gelar Workshop Keprofesionalan Guru Keagamaan

BATANGPOS.COM, KENDAL – Untuk peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi guru keagamaan, Pemerintah Kabupaten Kendal berencana menggelar kegiatan workshop atau pelatihan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, saat acara penyerahan bantuan hibah keagamaan tahun 2022 kepada Rabithah al-Ma’ahid al-Islamiyyah (RMI) NU Kecamatan Boja, di gedung Eks-Kawedanan Boja, Selasa (7/6/2022).

Dikatakan, tujuan digelarnya kegiatan workshop, adalah untuk motivasi bagi guru, dalam menambah ilmu dan memperluas wawasan, serta pengetahuan, mengenai tata cara pengembangan keprofesionalan guru. Sehingga nantinya dapat menghasilakan mutu pendidikan yang berkualitas.

“Sebagai seorang guru yang baik dan professional, harus banyak menggali ilmu pengetahuan, karena pendidikan sekarang lebih maju dan canggih,” ungkap Dico.

Bantuan hibah kegaaman yang diberikan untuk para guru di lembaga RMI NU Kecamatan Boja ini ada 400 orang, dan masing-masing menerima Rp 1 juta. Bupati berharap, bantuan yang diberikan dapat menambah semangat para guru keagamaan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan kegaaman di Kecamatan Boja.

“Mari bersama-sama kita buat perubahan kearah yang lebih baik lagi, dan memastikan putra putri kita memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) Emas yang lebi baik lagi, sehingga harapannya ke depan akan lebih sejahtera,” ungkap Dico.

Sementara itu, Ketua RMI NU Kecamatan Boja, Moh Ahid mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, yang telah mengeluarkan dana hibah untuk para guru keagamaan.

Dijelaskan, 400 guru keagamaan di bawah lebanga RMI NU Boja yang menerima bantuan hibah, terdiri dari 209 guru TPQ dan 191 untuk guru Madin dan Pondok Pesantren. Sementara, terkait akan adanya diklat untuk guru keagamaan di Kabupaten Kendal, Moh Ahid sangat menyambut baik.

“Saya sangat menyambut baik adanya rencana diklat workshop bagi guru keagamaan. Dengan adanya workshop ini tentu akan dapat meningkatkan kualitas SDM para guru, dan pastinya juga akan menambah kualitas mutu pendidikan bagi para murid,” ujarnya.

Salah satu guru TPQ Al-Athfal Desa Meteseh, Nuryadi mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah memberikan perhatian bantuan hibah keagamaan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, yang telah menyalurkan bantuan hibah ini. Insya-Allah bantuan bermanfaat, dan berharap bisa terus ditingkatkan,” ungkapnya.(HS)