Tingkatkan Pelayanan, PA Kendal Luncurkan Aplikasi Sihandal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Mengandeng beberapa Instansi Pemerintah di Kendal, Pengadilan Agama Kabupaten Kendal melaunching aplikasi SIhandal, di salah satu hotel di Kota Kendal, Rabu (29/6/2022).

Instansi atau institusi antara lain Pemerintah Kabupaten Kendal, Polres Kendal, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kendal.

Peluncuran aplikasi SIhandal ini merupakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, yang diwujudkan dalam sebuah aplikasi Sihandal, yakni Harmonis, Nyata, Digital, Akuntabel, Luar biasa. Program ini kerja sama dengan beberapa dinas di Pemkab Kendal. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal misalnya, dalam hal ini adalah berbagi data untuk digunakan sebagai referensi perubahan data kependudukan.

Selanjutnya, kerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Kendal, fitur yang disediakan berupa komunikasi data terkait data masyarakat miskin, bantuan layanan hukum bagi penyandang disabilitas atau yang berkebutuhan khusus, dan data pra adopsi.

Kemudian kerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Kendal, fitur yang tersedia untuk kerjasama ini berupa permohonan pendampingan dan permohonan rekomendasi perkara dispensasi kawin dalam kasus tertentu.

Berikutnya, kerja sama dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kendal, fitur yang tersedia untuk kerja sama ini meliputi komunikasi data terkait penyuluhan hukum, bantuan pemanggilan pihak berperkara, dan konsultasi hukum.

Selanjutnya, untuk fitur yang tersedia dalam kerja sama dengan Polres Kendal, yaitu berupa permohonan pengamanan eksekusi, descente, sita jaminan, dan pengamanan sidang.

Sedangkan untuk kerja sama dengan BPN Kabupaten Kendal, fitur yang tersedia untuk kerja sama ini meliputi komunikasi data, sekaligus validasi kepemilikan objek sengketa.

Ketua PA Kabupaten Kendal Abdul Malik mengatakan, fitur-fitur dalam Sihandal akan terus dikembangkan mengikuti kebutuhan setiap instansi yang telah ditetapkan dalam kerjasama ini. Adapun teknis jalannya aplikasi selanjutnya akan dikomunikasikan oleh Tim Development TI PA Kendal dengan tim teknis institusi terkait.

“Kerja sama ini dalam rangka membangun fondasi untuk bersama-sama mewujudkan keadilan di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki secara resmi ikut meluncurkan aplikasi SIHANDAL untuk umum.

Saat membacakan sambutan Bupati Kendal, dirinya mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk sinergitas yang tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Wabup berharap kerjasama seperti ini terus ditingkatkan. Demikian pula kolaborasi dengan Forkopimda Kendal, sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin lebih baik.

“Kerja sama dengan dengan seluruh stakeholder kita dorong untuk memberikan kemudahan pelayanan yang prima ke masyarakat di Kabupaten Kendal,” ungkap Wabup.(HS)