Tinjau Pembangunan SPAM Kali Ori, Pj Bupati Banjarnegara Minta Pengerjaan Tepat Waktu dan Mutu

 

BATANGPOS.COM, BANJARNEGARA – Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto meminta semua pihak mendukung pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Ori, di Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh.

Permintaan itu disampaikan , Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto ketika meninjau proyek tersebut, baru-baru ini.

Selain dukungan, Pj Bupati juga menekankan pentingnya pengawasan, agar pelaksanaan pembangunan bisa berjalan lancar, tepat waktu, dan mutu.

“Harapannya, pembangunan SPAM Kali Ori ini, nantinya dapat dioptimalkan untuk memberikan pelayanan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam penyediaan air minum,” kata dia, seperti dirilis banjarnegarakab.go.id.

PPK Air Tanah Air Baku Satuan Kerja SNVT PJPA Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO), Yosep Bahari, menyampaikan pembangunan SPAM di Kabupaten Banjarnegara ini, dilakukan dengan membuat sebuah bangunan intake (saluran masuk air) dengan debit 100 liter per detik, satu buah bangunan prasedimentasi, dan jaringan pipa sepanjang 6,2 kilometer.

Bangunan prasedimentasi dalam sistem pengolahan air bersih, berfungsi sebagai tempat proses pengendapan partikel, seperti pasir, kotoran yang terbawa oleh air, dan zat-zat padat lainnya.

“Ukuran bangunan intake 6×7 meter dengan kedalaman 2,4 meter. Sedangkan bangunan prasedimentasi 9,28×25,5 meter kedalamannya 4 meter,” kata dia.

Progres pembangunan tersebut, saat ini sudah mencapai 30 persen. Ditargetkan pada akhir Desember 2022, pembangunan SPAM selesai dan sudah bisa digunakan.

Direktur PDAM Banjarnegara, Bahar Ibnu Hajar menjelaskan SPAM kali Ori yang dibangun ini, akan menggunakan sistem gravitasi dengan kapasitas produksi 100 liter per detik.

Menurutnya, kapasitas tersebut cukup besar untuk mengatasi permasalahan kekurangan air baku di Kabupaten Banjarnegara.

Dikatakan, PDAM sebagai operator penyediaan air minum di Banjarnegra membutuhkan 440 liter per detik. Saat ini kapasitas yang ada hanya 147 liter per detik.

“Dengan adanya SPAM Kali Ori maka kita akan mendapatkan tambahan pasokan kapasitas produksi 100 liter, sehingga akan meningkatkan cakupan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan air baku bagi masyarakat,” ungkapnya. (HS-08)