Universitas Muhammadiyah Berdiri di Karanganyar, Bupati Minta Jaring Banyak Mahasiswa

 

BATANGPOS.COM, KARANGANYAR – Bupati Karanganyar Juliyatmono, meminta agar para petinggi Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka), segera memperkenalkan keberadaan perguruan tinggi ini, sekaligus menjaring para calon mahasiswa sebanyak-banyaknya.

Harapan itu disampaikan Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat menghadiri peresmian Umuka, Selasa (7/6/2022), di Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar.

Peresmian ditandai dengan penyerahan izin oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Ir Nizam MSc PhD IPM ASEAN Eng.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapkan rasa bangga, dengan hadirnya Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka).

Dia berharap kehadiran perguruan tinggi baru di Karanganyar ini, mampu memberikan kontribusi, dengan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas baik dari sisi pendidikan agama.

“Saya bersyukur dengan hadirnya Perguruan Tinggi di Karanganyar. Semoga melahirkan generasi yang bermanfaat dan berkualitas untuk Karanganyar dan Indonesia,” kata dia, seperti dirilis karanganyarkab.go.id.

Dia pun mendorong para petinggi Umuka, segera memperkenalkan kampus dan menjaring para peserta didik sebanyak mungkin.

“Tugas kita semua adalah tanpa melihat latar belakang dan status, untuk terus ikut berkontribusi di bidang pendidikan. Semoga Umuka terus berkembang dan menjadi tujuan warga menimba ilmu pengetahuan,” katanya.

Pimpinan Muhammadiyah Pusat, Ahmad Dahlan berharap semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan perguruan tinggi tersebut, untuk memberikan yang terbaik, agar Umuka tumbuh dan berkontribusi positif bagi bangsa.

“Mari membangun kepemimpinan dan relasi  dengan semua pihak. Sehingga dapat  memperbesar dan memperkuat kampus ini,” ucapnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, secara virtual dari Jakarta juga mengatakan dengan adanya izin tersebut, Umuka sudah resmi dan sah berdiri.

Dia berharap kehadiran perguruan tinggi ini dapat berperan dalam memajukan pendidikan di Karanganyar. Umuka juga diminta mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain, dalam era industri 4.0.

Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Ir Nizam MSc PhD IPM ASEAN Eng, mengatakan Umuka harus siap berkompetisi secara sehat, serta berkolaborasi dengan baik, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Ada 195 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang maju di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Hanya masih kurang untuk bidang kesenian,” imbuhnya. (HS-08)