Wabup Blora Ikuti Arahan Presiden Tentang Afirmasi Bangga Buatan Indonesia

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Kabupaten Blora siap menindaklanjuti arahan dari Presiden dan para menteri, untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri (PDN).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM, terkait arahan Presiden Joko Widodo tentang aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Pada intinya, kami Pemerintah Kabupaten Blora akan menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden. Bagaimana agar target nasional sebesar Rp 400 triliun tersebut bisa tercapai, tentu perlu dukungan komitmen dari kementerian, lembaga, dan kami pemda di daerah,” kata dia, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Wabup juga menyampaikan akan terus berkoordinasi dengan OPD terkait, agar penggunaan PDN di Pemkab Blora dapat dilakukan secara optimal.

“Kami akan terus berkordinasi dengan OPD dan bagian terkait, khususnya yang menangani pengadaan barang dan jasa, juga mendorong kepada jajaran di Pemkab Blora untuk bangga dengan buatan dalam negeri, memanfaatkan PDN secara optimal, tentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Wabup.

Menurut Wabup Tri Yuli, saat ini sudah sangat banyak produk dalam negeri yang berkualitas. Karena itu dia berkeinginan agar jajaran Pemkab Blora, semakin banyak yang menggunakan produk-produk tersebut.

“Sejalan dengan Bangga Buatan Indonesia tentu kami juga ingin agar nantinya di lingkungan Pemkab Blora, semakin banyak memanfaatkan PDN. Menurut saya, sudah sangat banyak produk-produk daerah yang berkualitas, yang memiliki daya saing, dan bahkan sudah ekspor. Ini bisa memenuhi kebutuhan kita,” tambahnya.

Pemkab juga akan terus berupaya, agar semakin banyak pelaku UMKM di Blora yang berkembang. Adapun upaya yang dilakukan, antara lain dengan dengan memfasilitasi dukungan pelatihan-pelatihan.

“Kami dari Pemkab, terus mendampingi dan berupaya agar sektor UMKM di Blora ini bisa terus berkembang, bisa naik kelas, termasuk kita juga bantu fasilitasi pelatihan-pelatihan terkait digitalisasi karena ini juga penting,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati STMM, mewakili Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi,  mengikuti arahan dari Presiden tentang aksi afirmasi BBI kepada menteri dan kepala daerah, Jumat (25/3/2022) di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali.

Presiden Joko Widodo menegaskan agar kementerian, lembaga, BUMN, hingga pemerintah daerah untuk mengurangi pengadaan barang secara impor dan mendorong penggunaan barang dalam negeri. (HS-08)