Wabup Kendal Lepas Keberangkatan Ekspedisi Sepeda Ontel Ronny Hartono Delapan Penjuru Nusantara

BATANGPOS.COM, KENDAL – Ronny Hartono kembali melakoni ekspedisi Delapan Penjuru Nusantara, dengan menggunakan Sepeda Ontel, yang dilepas Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, di rumah dinas Wakil Bupati, Selasa (17/5/2022).

Acara pelepasan juga dihadiri Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Koordinator Kabupaten Kendal, Heri Age, Pembina Kosti Kendal, Muryono, serta pengurus dan perwakilan anggota yang berjumlah 35 orang.

Ronny Hartono adalah adalah pria unik kelahiran Kabupaten Kendal, 43 tahun lalu, yang gemar melakukan ekspedisi keliling Nusantara.

Delapan Penjuru Nusantara yang akan ditempuh oleh Ronny kali ini, yakni Pulau Rondo, Pulau Mentawai, Pulau Natuna, Pulau Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Tidore, Pulau Ndanarote dan Pulau Kolepon.

Ronny mengaku ekspedisi yang ia lakukan sudah keenam kali, sebagai wujud cinta tanah air dan mengenang perjalanan para pejuang Indonesia.

“Ini ekspedisi yang keenam. Yang pertama tahun 2010 saya berjalan kaki, waktu itu sampai beberapa tahun. Kemudian ekspedisi yang kedua, baru saya mulai pakai sepeda ontel dan pernah sampai ke puncak gunung dan melakukan ekspedisi sampai sekarang. Ini sebagai wujud cinta tanah air,” ungkapnya.

Dirinya menyebut setelah Delapan Penjuru Nusantara ini, ia akan menuju Istana Negara Jakarta.

“Ya ekspedisi ini saya mulai hari ini, Selasa (17/5/2022) hingga 28 Oktober 2022. Saya juga berencana akan bertemu dengan Bapak Presiden Jokowi setelah selesai ekspedisi ini,” ujar Ronny.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengapresiasi apa yang dilakukan Ronny Hartono dalam kegiatan ekspedisi ini.

Menurut Wabup yang akrab disapa Pakde Bas, ekspedisi yang dilakukan Ronny patut menjadi contoh para pesepeda dan generasi muda, dalam memaknai cinta tanah air dan bangsa.

“Saya harap, ke depan ada Ronny lain yang juga melakukan hal yang sama. Dalam rangka mengenang perjuangan para pejuang yang mempertahankan tanah air tercinta. Tentunya dengan melakukan hal lain yang juga bermanfaat. Semoga dengan apa yang dilakukan Ronny ini bisa membawa nama baik Kabupaten Kendal dan juga Indonesia,” tandasnya.

Senada disampaikan Ketua Korwil Kosti Kabupaten Kendal, Heri Gea. Menurutnya, ekspedisi Cinta Tanah Air yang dilakukan oleh Ronny adalah sebagai wujud citanya kepada Indonesia.

“Kami sebagai Komunitas Sepeda Tua Indonesia Korwil Kabupaten Kendal, merasa bangga dan akan selalu mendukung apa yang dilakukan saudara Ronny. Karena ini sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa,” ujarnya.

Heri menyebut, saat ini Kosti Korwil Kabupaten Kendal ada 550 anggota yang terbagi dalam 12 club, yang tersebar dari wilayah Kaliwungu sampai Weleri hingga Kecamatan Patean.

“Dari 12 klub di Korwil Kosti Kabupaten Kendal, masing-masing klub beranggotakan 30 hingga 80 anggota yang masih aktif. Harapannya dengan keberadaan Kosti di Kabupaten Kendal, bisa terjalin silaturahmi antar pecinta sepeda tua,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan melepas keberangkatan Ronny Hartono oleh Wakil Bupati Kendal, yang diikuti puluhan anggota Kosti Kendal dengan menggunakan Sepeda Ontel.(HS)