Wabup Kendal: Peran Linmas Sangat Membantu Terciptanya Kamtibmas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Disebutkan, Perlindungan Masyarakat (Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial.

Hal itulah yang ditegaskan oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, saat memberikan pembinaan kepada Linmas sekaligus mengukuhan Linmas Tamtama Praja Tingkat Kecamatan Ringinarum, bertempat di Aula Kecamatan Ringinarum, Kamis (7/7/2022).

Dikatakan, Linmas yang berada di setiap kecamatan maupun di desa memiliki peran yang sangat strategis untuk membantu para para camat dan para kepala desa dalam melaksanakan keamanan di wilayahnya masing-masing.

“Terkait dengan pelaksanaan Pilkades nanti hanya Linmas yang bisa masuk di area TPS, karena Babinsa dan Bhabinkamtibmas membantu di luar TPS, namun jika kondisi tidak kondusif maka akan ikut masuk membantu di dalam area tersebut, sehingga Linmas ini harus benar-bernar mempersiapkan diri dengan baik,” tutur Wabub Kendal.

Wabub Windu Suko Basuki juga mengatakan, bahwa kegiatan untuk peningkatan kemampuan bagi para Linmas ini harus sering dilakukan, agar dapat menambah pengalaman dan kemampuan, mengingat nantinya manfaatnya akan kembali ke masyarakat.

“Semoga Pilkades nanti berjalan dengan baik, terlaksana Pilkades yang jujur, adil, tidak ada provokasi dan tidak ada intimidasi dari pihak mana pun, sehingga demokrasi ini dapat berjalan dengan baik. Jika pelaksanaannya adil pasti akan terpilih juga pemimpin-peminpin yang baik dan adil,” tutup Wakil Bupati Windu Suko Basuki.
di wilayahnya masing-masing.

“Terkait dengan pelaksanaan Pilkades nanti hanya Linmas yang bisa masuk di area TPS, karena Babinsa dan Bhabinkamtibmas membantu di luar TPS. Namun jika kondisi tidak kondusif maka akan ikut masuk membantu di dalam area tersebut, sehingga Linmas ini harus benar-bernar mempersiapkan diri dengan baik,” tutur Wabub yang akrab disapa Pakde Bas Tersebut.

Wabub juga menjelaskan, bahwa kegiatan untuk peningkatan kemampuan bagi para Linmas ini harus sering dilakukan, agar dapat menambah pengalaman dan kemampuan, mengingat nantinya manfaatnya akan kembali ke masyarakat.

“Semoga Pilkades nanti berjalan dengan baik, terlaksana Pilkades yang jujur, adil, tidak ada provokasi dan tidak ada intimidasi dari pihak mana pun, sehingga demokrasi ini dapat berjalan dengan baik. Jika pelaksanaannya adil pasti akan terpilih juga pemimpin-peminpin yang baik dan adil,” jelas Pakde Bas.

Acara dihadiri oleh Camat Ringinarum, Sobirin beserta jajaran, serta para Kepala desa se Kecamatan Ringinarum, dan diikuti oleh puluhan Linmas dari desa yang ada di Kecamatan Ringinarum.

Sementara, Camat Ringinarum, Sobirin dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada Wakil Bupati Kendal dan para kepala desa serta para linmas yang mengikuti kegiatan ini, semoga adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi para Linmas.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini para Linmas dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada Okboter 2022 me datang, sehingga dapat terwujud Pilkades yang jujur, aman dan tertib,” ujarnya.

Camat Ringinarum, juga menyampaikan harapan, Linmas ini nantinya dapat lebih bisa diperhatikan. Mengingat begitu pentingnya peran Linmas dalam kegiatan di desa masing-masing.

“Semoga Linmas akan lebih diperhatikan lagi, baik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal,” harap Sobirin.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan Linmas Tamtama Praja Kecamatan Ringinarum oleh Wakil Bupati Kendal, dan penandatanganan berita acara. (HS-06).