Wabup Kendal Pimpin Upacara Harkitnas di Lapangan Limbangan

BATANGPOS.COM, KENDAL – Tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau yang disebut juga dengan Harkitnas, yaitu sebuah momen di mana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Pada tahun 2022 ini, peringatan hari Kebangkitan Nasional ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama!”.

Tema ini diangkat dalam rangka seruan kebangkitan bersama bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19, yang telah berlangsung selama dua tahun lebih.

Pemerintah Kabupaten Kendal melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 di lapangan Desa Limbangan, Kecamatan Limbangan, Jumat (20/5/2022).

Upacara diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), para pelajar dari tingkat SMP hingga SMA.

Sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki yang membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, tentang tema Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022 “Mengajak Bangkit Bersama dari Pandemi”.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak kita maknai sebagai seremonial saja. Tema Ayo Bangkit Bersama yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang telah melanda dua tahun terakhir,” kata Wakil Bupati Kendal.

Di masa sekarang, katanya, semangat Hari Kebangkitan Nasional tentunya masih tetap relevan dengan kondisi bangsa saat ini.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini sebagai momentum untuk bangkit bersama dari berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia,” tandas Wabup.

Adapun amanat lain yang disampaikan Menkominfo terkait dengan perkembangan penanganan Covid-19 semakin membaik. Hal itu dilihat dari data per 13 Mei 2022.

“Yaitu kasus baru varian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif berada di bawah angka 5.000 kasus. Dilanjut dengan adanya vaksinasi Covid-19 dosis kedua, telah mencapai 79 persen,” imbuh Wabup Kendal yang akrab disapa Pakde Bas tersebut.

Pada kesempatan itu, usai melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wakil Bupati Kendal bersama Baznas memberikan bantuan kepada masyarakat berupa Program Ekonomi Produktif.

Wabup berharap, dengan bantuan modal usaha ini, mereka tidak berjuang sendiri-sendiri tetapi berkelompok agar perekonomian bisa lebih baik dan usahanya bisa bermanfaat.

“Tujuannya agar memiliki kekuatan dalam menjalankan ekonomi di pedesaan untuk memperlancar usaha warga di Kabupaten Kendal,” harap Pakde Bas.

Wabup Kendal pun meminta penerima bantuan untuk membuktikan sebagai warga yang mampu memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya.

“Demikian pula dalam menjalankan usaha tidak boleh hanya sesaat, tapi harus terus berlanjut hingga berhasil sesuai tujuan panjenengan semua,” tandas Pakde Bas.(HS)