Warga Terdampak Rob di Kota Pekalongan Dapat Servis Motor Gratis

 

BATANGPOS.COM, PEKALONGAN – Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Pekalongan, bersama SMK Muhammadiyah Pekalongan (Medikal), menggelar aksi peduli servis motor dan ganti oli gratis, bagi masyarakat terdampak rob, di halaman Batik TV, Rabu (22/6/2022).

Meskipun tak dibayar (sukarela), namun para siswa kelas 11 dan 12 SMK Medikal, dengan cekatan dan teliti memperbaiki motor yang rusak, karena sering terendam air rob milik warga.

Aksi sosial ini diapresiasi oleh para warga, salah satunya Muhammad Faizin, warga Kelurahan Kandang Panjang, yang mengaku motornya sering mogok dan sulit distarter, karena sering menerjang banjir rob.

“Kalau masuk bengkel untuk servis dan ganti oli, bisa merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah. Namun dengan aksi peduli Lazismu dan SMK Medikal ini, motor saya sudah nyaman dipakai untuk beraktivitas, untuk pergi bekerja dan mengantar anak sekolah,” kata Faizin, seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Sementara itu, Kepala SMK Medikal, Lies Triati Nur menjelaskan sebanyak enam siswa dari jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor beserta pendamping, diterjunkan untuk melakukan servis dan ganti oli sepeda motor para warga terdampak rob.

“Harapannya dengan aksi yang baru pertama di Pekalongan ini, masyarakat bisa terbantu, karena sepeda motor yang mulanya rusak bisa kembali bisa dipakai dengan layak untuk beraktivitas lagi,” kata Lies.

Selain bertujuan meringankan beban warga terdampak rob, Lies menambahkan kegiatan ini juga memberikan pelajaran kepada siswa, tentang arti berbagi dan menolong sesama.

“Ini agar para siswa memahami kesulitan masyarakat akibat banjir rob sehingga bisa bersimpati,”  kata Lies. (HS-08)